Bakti Sosial (Baksos) Air Bersih untuk Warga Gunung Kidul

images

Rumah Sakit (RS) Jiwa Grhasia Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terus berkomitmen dalam membantu warga masyarakat di DIY, hal tersebut dibuktikan dengan digelarnya kegiatan bakti sosial (Baksos) dengan memberikan bantuan air bersih untuk warga Gunungkidul. 

Direktur RS Jiwa Grhasia dr. Akhmad Akhadi mengatakan baksos kali ini pihaknya melakukan droping dua truk tangki air bersih dengan kapasitas 5000 liter di Padukuhan Karang Pilang Kidul, Kabupaten Gunungkidul.

"Nantinya masih ada 40 tangki yang akan di sebarkan secara bertahap selama Bulan Oktober, di beberapa wilayah Kabupaten Gunungkidul yang terdampak krisis air bersih," katanya di lokasi, Sabtu (14/10/2023). 

Orang nomor satu di RS Jiwa Grhasia ini juga menyampaikan baksos tersebut juga untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke 85 RS Jiwa yang di pimpinnya ini. 

"Ini merupakan agenda rutin setiap tahun dan hal tersebut merupakan cara kami merangkul masyarakat dengan harapan dapat mengurangi keresahan warga yang terdampak kekeringan selama musim kemarau," pungkasnya.

Dalam baksos tersebut donasi yang dikumpulkan tidak hanya berasal dari Civitas Hospitalia RS Jiwa Grhasia namun dari beberapa UPT Dinas Kesehatan DIY.

"Kami berharap kegiatan ini dapat mengurangi beban masyarakat di Gunungkidul yang tengah kesulitan air bersih karena kemarau panjang," harapnya. 

Sementara itu, Lurah Rejosari, Sunarto menyambut baik adanya kegiatan baksos ini, mewakili masyarakat di Keluarahan Rejosari ia mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada RS Jiwa Grhasia.

"Terimakasih atas perhatian dari RS Jiwa Grhasia karena terlaksananya Baksos ini di wilayah kami, tentunya air bersih ini akan sangat bermanfaat untuk warga," ungkapnya.

Ditemui seusai acara, Koordinator Lapangan Baksos RS Jiwa Grhasia, dr. Rommy Rabbani menyampaikan RS Jiwa Grhasia melalui Bina Rohani Islam (BINROIS) Grhasia sudah mulai melakukan dropping air bersih sejak bulan September dan sudah ada 87 tangki yang tersalurkan.

"Kegiatan baksos air bersih ini sudah terlaksana sejak bulan september, sudah ada 87 tangki tersalurkan di beberapa wilayah yang membutuhkan, khusus di bulan Oktober ini sekaligus memperingati HUT Grhasia RS Jiwa Grhasia kembali menyalurkan 40 tangki," jelasnya.

Warga pun antusias adanya kegiatan penyaluran air bersih. Warga berbondong-bondong membawa jerigen, ember hingga galon untuk mendapatkan air bersih.

Salah satu warga, Hernawati (40) berharap agar bantuan air bersih dapat terus dilakukan. Sebab di wilayahnya mengalami kekurangan air bersih. Apalagi sumur-sumur milik warga mengalami kekeringan.

"Semoga bantuan air bersih dari RS Jiwa Grhasia terus berlanjut, sehingga kami yang saat ini mengalami kekeringan akibat kemarau panjang dapat terbantu," ungkapnya. (AR)

By Admin| 16 Oktober 2023| BERITA | Dilihat = 1640 kali|