RSJ Grhasia Ajak Para Lansia Untuk Tetap Sehat Jiwa

images

Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang diperingati setiap tanggal 29 Mei,  RS Jiwa Grhasia mengajak para lansia untuk melakukan senam. Selain agar tetap bugar, Hal itu diyakini bisa memberikan dampak positif yakni daya tahan tubuh yang bagus.
 
"Mengelola dan Menjaga Kesehatan Jiwa di Masa Lansia" menjadi tema Ngopi Senja pada Jumat (12/5) pagi bertempat di Halaman Gedung Diklat RS Jiwa Grhasia.

Kegiatan senam, Skrining kesehatan dan talkshow ini selain sebagai ajang sosiaslisasi akan pentingnya kesehatan jiwa di masa lansia juga untuk menanamkan pola hidup sehat di masyarakat. 

dr. Wikan Ardiningrum, Sp.KJ sebagai narasumber pada Ngopi Senja kali ini menuturkan memasuki masa lansia tidak selalu sesuai dengan yang kita bayangkan, tetapi seseorang yang sehat jiwa akan mampu beradaptasi dengan kehidupan dalam bentuk apapun. 

"Dalam kondisi senang atau sedih jika kita bisa beradaptasi dengan baik dengan sumber daya yang kita miliki, itulah yang disebut dengan sehat jiwa," imbuhnya.

dr. Wikan juga menambahkan bahwa sehat jiwa itu bukan sesuatu yang diturunkan dari langit namun harus kita usahakan. 

Menurutnya melalui olahraga tidak hanya untuk kebugaran saja namun juga untuk menjaga kesehatan.

“Selain itu, orang yang sehat juga akan memiliki kesadaran berfikir yang bagus, orang suka olahraga akan lebih ceria dan mampu berfikir dengan baik,” tambahnya.

Kegiatan ini juga diharapkan bisa menjaga komunikasi yang baik dan wadah untuk bertemu dan berbagi bersama lansia.

Karena bagaimanapun juga banyak permasalahan dalam kehidupan sehari-hari para lansia yang akan mempengaruhi kesehatan mereka.
 
Ditemui seusai acara, Rina warga Blembem, yang merupakan salah satu peserta Ngopi Senja mengungkapkan bahwa Ngopi Senja merupakan kegiatan yang bermanfaat, selain senam juga ada tanya jawab dengan ahli sehingga menambah wawasan.

"Seru sih, bisa senam dan sekalian konsultasi dengan dokter, gratis pula, harapannya sih Ngopi Senja bisa selalu ada terus setiap minggunya,"tambah Rina. (ar)

By Admin| 13 Mei 2023| BERITA | Dilihat = 747 kali|