Mempersiapkan RSJ Grhasia Bersaing Global melalui Peningkatan Mutu Internal dan Eksternal

images

LogoRSGrhasiaMempersiapkan RSJ Grhasia Bersaing Global melalui Peningkatan Mutu Internal dan Eksternal

Mutu adalah kepatuhan terhadap standar yang telah ditetapkan (Crosby, 1984).

Mutu adalah memenuhi bahkan melebihi kebutuhan dan keinginan pelanggan melalui perbaikan seluruh proses secara berkelanjutan (Zimmerman)

 

Donabedian mengusulkan definisi sebagai berikut : 

  1. The absolutist definision : the possibility of benefit and harm to health as valuedby practitioner, with no attention to cost
  2. The individualized definition : the patients expectations of benefit and/or harm and other undesired consequences
  3. The social definition : the cost of care, the benefit/harm continuum, distribution of health care as valued by the population in general

Mutu pelayanan kesehatan adalah kinerja yang menunjukkan pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan, yang disatu pihak dapat menimbulkan kepuasan pada setiap pasien sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk, serta dipihak lain tata cara penyelenggaraannya sesuai dengan standar dan kode etik profesi yang telah ditetapkan (Kemenkes RI).

Beberapa penilaian kinerja Rumah Sakit diantaranya melalui penilaian mutu baik secara internal (SPMRS, SPMKK, MPKP, GKM, TQM, Quality Assurance, Continous Quality Internal) maupun eksternal (ISO, Akreditasi).

,

Akreditasi : pengakuan terhadap lembaga yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu.

Sistem Pengembangan Manajemen Kinerja Klinik (SPMKK) : suatu upaya peningkatan kemampuan manajerial dan kinerja perawat dan bidan dalam memberikan pelayanan keperawatan dan kebidanan di sarana/institusi pelayanan kesehatan untuk mencapai pelayanan kesehatan yang bermutu.

Model Praktik Keperawatan Profesional (MPKP) : suatu sistem (struktur, proses dan nilai-nilai profesional) yang memungkinkan perawat profesional mengatur pemberian asuhan keperawatan termasuk lingkungan yang dapat mendukung asuhan keperawatan.

ISO : kata ISO bukan diambil dari singkatan nama sebuah organisasi, namun standar internasional yang mengatur tentang sistem manajemen mutu (Quality Management System)

Sebagai upaya peningkatan mutu RSJ Grhasia telah menerapkan SPMRS, SPMKK, MPKP, ISO dan Akreditasi, saat ini telah  mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008 Originally registered 4 Januari 2008, Registered by WQA 4 Januari 2008, Amandement 6 Januari 2012 dan Re-Certification 6 Januari 2013. Akreditasi juga telah diperoleh RSJ Grhasia pada 28 Februari 2012 dengan status Akreditasi Tingkat Lanjut meliputi 12 pelayanan.

GRHASIA MEMANG HEBAT, ISTIMEWA GRHASIA... SEHAT SEJAHTERA, YES... YES... YES...

By Admin| 04 Agustus 2013| Umum | Dilihat = 1751 kali|