AUDIT : JENIS AUDITOR

images

jenisauditajaArtikel sebelumnya sudah dibahas tentang jenis audit dan perbedaannya secara garis besar. Pihak profesional yang melakukan audit disebut dengan auditor. Auditor pada umumnya dibagi menjadi 3 (tiga) yakni:

  1. Auditor independen atau auditor eksternal
  2. Auditor internal
  3. Auditor pemerintah

Auditor eksternal biasanya adalah pihak yang bekerja baik secara perseorangan atau bagian dari suatu kantor akuntan publik yang memberikan jasa secara profesional kepada klien. Auditor eksternal biasanya mampu melakukan semua jenis audit karena pengalaman, pendidikan, dan pelatihan yang telah dimiliki.

Auditor internal merupakan pegawai atau anggota dari organisasi yang diaudit. Auditor internal terlibat dalam audit kepatuhan dan audit operasional. Pelaksanaan dua jenis audit tersebut dapat digunakan organisasi untuk pengambilan keputusan terkait kepatuhan, efektivitas, dan efisiensi. Atas dasar itulah, auditor internal dapat disebut memegang tugas sebagai konsultan internal perusahaan.

Kedua kelompok auditor di atas, selain memiliki perbedaan dari jenis audit yang dilakukan, memiliki perbedaan dilihat dari berbagai aspek berikut:

jenisauditor

 

Hal yang harus diperhatikan bahwa antara auditor eksternal dan auditor internal memilik hubungan kerja, misalnya manajemen meminta auditor eksternal mereview kegiatan auditor eksternal dan melaporkan mutu pekerjaan auditor internal atau sebaliknya, auditor eksternal meminta hasil laporan auditor internal untuk menilai bagaimana pengendalian internal di organisasi tersebut. Namun, pekerjaan auditor internal tidak dapat digunakan sebagai pengganti pekerjaan auditor eksternal, melainkan hanya sebagai pelengkap.

Auditor pemerintah merupakan auditor yang bekerja untuk pemerintah dan digaji pula oleh pemerintah. Di Indonesia auditor pemerintah dibagi menjadi 2 yakni auditor eksternal diampu oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) dan auditor internal dilakukan oleh BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan).

Sumber: Boynton, Johnson, dan Kell.2003. Modern Auditing Jilid 1 Edisi Ketujuh (Alih Bahasa Rajoe, P.A., Gania, G., Budi, I. S.). Jakarta : Erlangga.

,
By Admin| 24 Agustus 2015| Umum | Dilihat = 54188 kali|