Health Account

images

Health Account secara singkat dapat disebut sebagai suatu proses pemantauan terhadap sistem pembiayaan kesehatan yang sistematis, komprehensif, dan konsisten. Proses yang ada dalam health account meliputi pencatatan dan pengklasifikasian pembiayaan kesehatan serta penggambaran aliran anggaran dan biaya kesehatan, sehingga dapat dilihat sumber dana dan pemanfaatannya serta alokasi menurut kelompok penduduk dan sosial ekonomi. Gambaran yang muncul dalam health account diharapkan mampu memperbaiki kekurangan yang ada dalam sistem pembiayaan sehingga pembiayaan di tahun mendatang dapat dialokasikan secara tepat sasaran dan manfaat. Langkah-langkah yang dilakukandalampenyusunan Health Account adalah sebagai berikut:

 

PHA1

 

Dari langkah-langkah di atas, pada akhirnya dapat diambil suatu gambaran yang menghasilkan informasi tertentu. Informasi yang dihasilkan dalam Health Account ada 8 dimensi yakni sumber pembiayaan, pengelola anggaran, penyedia layanan, jenis kegiatan, mata anggaran, program, jenjang kegiatan, dan penerima manfaat.

  1. Sumberpembiayaansecaragarisbesardapatdibagimenjadiduayaknidaripemerintahatau non pemerintah;
  2. PengelolaAnggarandilakukanolehPemerintah, Semi Pemerintah, dan Non Pemerintah;
  3. PenyediaLayanan;
  4. JenisKegiatandibedakanmenjadilangsungdantidaklangsung;
  5. Mata AnggaranmencakupInvestasi, Operasional, danPemeliharaan;
  6. Program yang dibiayaimeliputi program kesehatanmasyarakat, program upayakesehatanperseorangan, dan program yang menyangkut capacity building (penunjang)
  7. Jenjang Kegiatan terbagi atas 5 (lima) jenis yakni pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan/puskesmas, dan desa/kelurahan/masyarakat.

Berikut ini skema proses dalam health account mulai dari penyusunan dan pengklasifikasian hingga pada pengambilan kebijakan dalam sistem pembiayaan kesehatan.

 

PHA2

,
By Admin| 25 Mei 2015| Umum | Dilihat = 3635 kali|