MENGENAL INSTALASI KESEHATAN JIWA MASYARAKAT (Keswamas)

images

Instalasi keswamas merupakan salah satu instalasi pelayanan di bawah Bidang pelayanan medis yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan jiwa pada masyarakat. Berdasarkan Pergub DIY No.60 Tahun 2008, tentang Rincian tugas dan fungsi RS Grhasia DIY, Instalasi Keswamas mempunyai tugas pokok dan fungsi melaksanakan kegiatan usaha pencegahan gangguan jiwa dan peningkatan kesehatan jiwa masyarakat melalui penyuluhan, konsultasi, integrasi di pelayanan kesehatan dasar dan kerjasama lintas sektor dalam menanggulangi masalah kesehatan jiwa.

Instalasi keswamas didefinitifkan Juli 2012 dengan harapan terbangunnya sistem layanan kesehatan jiwa yang berkelanjutan, mulai dari temuan kasus gangguan jiwa di masyarakat – pelayanan internal RSJ Grhasia : IGD/Klinik Jiwa, ruang intensif, ruang maintenance, rehabilitasi – layanan pasca hospitalisasi di masyarakat.

Kegiatan yang diupayakan Instalasi keswamas bervariatif, program layanan kesehatan jiwa disesuaikan trens dan issue terkait kesehatan jiwa yang sedang berkembang di masyarakat dengan tetap merujuk pada tupoksi RSJ Grhasia DIY.

,

 

Program Instalasi Keswamas :

  1. Promosi Prevensi

1. Sosialisasi Kesehatan Jiwa

Adalah upaya penyadaran issue kesehatan jiwa dengan cara memaparkan tentang kesehatan jiwa dan permasalahannya. Kegiatan sosialisasi kesehatan jiwa yang pernah diselenggarakan dengan sasaran kelompok pelajar, area sekolah (mengenalkan sistem pelayanan kesehatan jiwa berbasis sekolah), kalangan jurnalis, area tempat kerja (mengenalkan sistem layanan kesehatan jiwa berbasis tempat kerja). Tahun 2015 Instalasi keswamas telah melaksanakan sosialisasi kesehatan jiwa lanjut usia dan merencanakan penyelenggaraan sosialisasi kesehatan jiwa anak.

2. Penyuluhan terkait Kesehatan Jiwa

Layanan penyuluhan ini bisa diminta oleh instansi atau lembaga atau masyarakat umum yang peduli terhadap kesehatan jiwa.

3. Family Gathering ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa)

Merupakan pertemuan keluarga ODGJ untuk saling membagi pengalaman, membagi pengetahuan, saling menguatkan satu sama lain.

 

4. Program Pendidikan Keluarga ODGJ

Sebuah program yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas caregiver dalam mendampingi ODGJ. Outputnya adalah keluarga atau pemberi perawatan di rumah mampu mengetahui tentang gangguan jiwa dan pengobatanya, cara mengatasi gejala, cara mengelola beban keluarga, mengelola stress, menghadapi stigma dan melakukan advokasi bagi ODGJ.

 B. Penjangkauan

Riskesdas DIY menunjukkan prevalensi gangguan jiwa di DIY sebesar 2,7 per mil di atas angka nasional 1,7 permil. Jika dibandingkan kebutuhan dengan ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan jiwa nampak terjadi kesenjangan yangsangat bermakna. Masih banyak ODGJ yang belum mendapat pelayanan kesehatan secara tepat. Banyak faktor yang menyebabkan antara lain keterbatasan keluarga ODGJ dalam mengakses pelayanan kesehatan jiwa. Untuk itu program penjangkauan masih sangat diperlukan. Penjangkauan merupakanupaya mendekatkan layanan kesehatan jiwa bagi masyarakat atau area yang memiliki hambatan dalam mengakses fasilitas pelayanan kesehatan.

  Penjangkauan

C. Kerjasama lintas sektor di bidang kesehatan jiwa

Merupakan upaya membangun kemitraan dengan instansi pemerintah maupun lembaga non pemerintah yang mempunyai potensi untuk berkontribusi dalam penanganan masalah kesehatan jiwa dengan tujuan mewujudkan pelayanan berkelanjutan bagi ODGJ pasca hospitalisasi, mewujudkan kesadaran masyarakat akan kebutuhan kesehatan jiwa melalui advokasi kebijakan pada sektor terkait, mewujudkan jalinan komunikasi yang efektif antar lembaga

 

 Instalasi Keswamas RSJ Grhasia DIY

Telp. 0274-895143 ext. 3449

CP. Sutarjo HP/WA 085728382742 Pin BB :2BB909B6

email: keswamas_rsjgdiy@yahoo.com

By Admin| 07 Oktober 2015| PENGUMUMAN | Dilihat = 252 kali|