PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN BAGI PERAWAT

images

PERAWATNRefleksi

Silahkan saudara-saudaraku perawat. .mari kita renungkan kembali, dalam 2-3 tahun terakhir ini pelatihan atau seminar keperawatan apa yang telah kita ikuti… dan renungkanlah adakah manfaat dari pelatihan-pelatihan tersebut dalam saudara-saudara menjalankan tugas sebagai seorang perawat…. Ataukah pelatihan tersebut hanya senilai dengan selembar sertifikat saja..??

Ketika seseorang memasuki pedidikan perawat, ada banyak alasan yang melatarbelakanginya. Mulai dari karena memenuhi keinginanan orang tua, ikut-ikutan teman dan agar cepat mendapat pekerjaan. Akan tetapi sangat sedikit orang mau menjalani pekerjaan sebagai seorang perawat Karena panggilan jiwa untuk membantu orang yang sakit dengan menerapkan ilmu keperawatan. Mungkin hal tersebutlah yang menjadi penyebab ketika orang tersebut benar-benar menjadi seorang perawat maka orang tersebut akan menjalani profesi perawat, maka orang tersebut menjalaninya dengan apa adanya tanpa ada gambaran bagaimana jenjangkarirnya, bagaimana untuk meningkatkan kemampuan diri, untuk pendidikan berkelanjutan dan lain sebagainya.

Ketika orang tersebut menjalankan profesinya, maka ia akan menjalankannya hanyarutinitas belaka, dan kemungkinan ia akan merasacukup nyaman menjalaninya karena tidak ada tuntutan yang harus dipenuhi untuk menjalankan profesinya. Bahkan yang lebih parah lagi adalah ketika bekerja, akan dianggaphanya untukmemenuhi kewajiban sebagai seorang pegawai yang mendapatkan gaji. Tanpa memikirkan bagaimana untuk pengembangan diri dan profesinya.

 

Masih ingatkan apa itu profesionalisme?

Dalam UU Kesehatan No 36 Tahun 2009 Pasal 27 ayat 2 disebutkan bahwa :

“Tenaga kesehatan dalam melaksanakan tugasnya berkewajiban mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki”

Dari pasal tersebut sudah sangat jelas bahwa perawat sebagai salah satu tenaga kesehatan , wajib untuk meningkatkan dan mengembangkan diri. Sudahkah kita melakukannya?

,

Bentuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Perawat

Pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi perawat merupakan proses pengembangan keprofesian yang meliputi berbagai kegiatan yang dilakukan seseorang dalam kapasitasnya sebagai seorang perawat praktisi guna mempertahankan dan meningkatkan profesionalismenya sebagai seorang perawat sesuai standar kompetensi yang ditetapkan.

Perawat dalam mengembangkan kualitas personal dan professional harus melaksanakan beberapa hal. Hal pertama yang harus dilakukan perawat adalah melaksanakan kegiatan praktik professional yaitu dengan memberikan pelayanan keperawatan baikitu dalam institusi kesehatan maupun di luar institusi kesehatan atau praktik mandiri. Selain memberikan pelayanan keperawatan perawat juga melaksanakan bimbingan terhadap mahasiswa baik di dalam institusi maupun di masyarakat.

Bentuk pengembangan keprofesian berkelanjutan yang lain adalah dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan. Kegiatan ini dapat berupa mengikuti pendidikan formal, menjadi narasumber atau dosen, mengikuti temu ilmiah (workshop dan seminar) yang bertaraf local, nasional maupun internasional, serta pelatihan-pelatihan yang mendukung pelaksanaan pelayanan keperawatan.

Perawat juga harus mengembangkan ilmu pengetahuannya. Hal ini bias terwujud dengan melakukan penelitian/riset keperawatan dan mempublikasikannya, menulis artikel, menyusun buku/karyatulisilmiah dan dipublikasikan. Diharapkan dengan kegiatan-kegiatan tersebut perawat dapat menemukan inovasi-inovasi yang terbukti secara ilmiah dan diakui oleh profesi keperawatan maupun profesi yang lainnya.

Pengabdian masyarakat juga adalah hal yang tidak boleh dilupakan oleh perawat dalam pengembangan keprofesiannya. Berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan kemasyarakatan seperti terlibat dalam penanggulangan bencana, secara aktif berperan dalam menanggapi isu-isu kesehatan terkini di masyarakat serta memberikan penyuluhan/pendidikan kesehatan di masyarakat secara langsung. Sehingga masyarakat dapat merasakan peran perawat dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pada umumnya.

Sejatinya untuk sebuah pengakuan dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang tiada akhir dari kita sendiri, profesi PERAWAT. Tunjukkanlah pada dunia bahwa profesi kita ini adalah profesi yang luhur dan bermartabat..

 

BRAVO PERAWAT INDONESIA….

By Admin| 16 November 2013| Umum | Dilihat = 3632 kali|