Perayaan Bulan K3 ke-50

images

Yogyakarta - Bulan K3 dilaksanakan setiap tanggal 12 Januari – 12 Februari setiap tahunnya, gerakan nasional membudayakan K3 yang berkesinambungan ini dalam rangka melaksanakan ketentuan yang ada di UU No 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja dan mendorong tercapainya kemandirian Bangsa Indonesia Berbudaya K3 tahun 2020. Dan tahun ini begitu spesial karena bertepatan dengan setengah abad atau lima puluh tahun usia UU No. Tahun 1970 atau perayaan bulan K3 ke-50.

           Tema besar perayaan bulan K3 Nasional adalah Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya K3 pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi. Tema ini menyiapkan insan pekerja menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 agar pekerja tetap selamat, sehat dan produktif. Bulan K3 ini digunakan semua Institusi Pemerintah dan Non Pemerintah untuk mensosialisasikan budaya K3 di tempat kerja.

             Puncak Perayaan Bulan K3 di RS Jiwa Grhasia Tahun 2020 ini digelar dengan semarak oleh Panitia K3RS. Mengacu pada Petunjuk Teknis dari Direktorat Kesehatan dan Olah Raga Kemenkes RI, Panitia K3RS melaksanakan Tes Kebugaran Pegawai dengan Metode Rockport. Tes kebugaran ini mengambil hari krida, hari jum’at tanggal 7 februari 2020 di Pendopo Keasistenan. Sub Tema Kegiatan Tes Kebugaran Rockport di RS Jiwa Grhasia adalah “Datang Bugar, Kerja Lancar, Pulang Segar, Ora Ambyar”. Sebelum tes kebugaran, Panitia K3RS sudah mengukur Indeks Masa Tubuh (IMT) Peserta dan Mengukur Tekanan Darah sebagai Screening penderita Hipertensi 2 hari sebelumnya yakni tanggal 5-6 Februari 2020.

                 Tes kebugaran dengan Metode Rockport ini bertujuan melihat gambaran kondisi kebugaran pegawai RS Jiwa Grhasia. Seorang pekerja dituntut tidak hanya sehat tetapi harus bugar agar dapat melaksanakan ketugasan dengan baik. Beban kerja yang ditanggung setiap tidak sama sehingga dengan memiliki kebugaran yang prima maka pekerja bisa terhindar dari kecelakaan kerja dasn Penyakit Akibat Kerja (PAK). Kegiatan ini dimulai tepat jam 7.30 WIB dengan mengukur nadi istirahat, dan tekanan darah. Dilanjutnkan dengan streching selama 5 menit untuk menyiapkan otot khususnya otot ektrimitas. Lalu peserta dibagi menjadi 2 kelompok, berjalan cepat sejauh 1,6 KM. Begitu selesai dicatat waktu tempuh, nadi dan tekanan darah untuk dikonversi menjadi VO2 Max. Jumlah peserta sebanyak 70 Peserta dan 10 Panitia dari K3RS. Pemilihan peserta di ambil dari seluruh unit kerja di RS Jiwa Grhasia.

By Admin| 15 Februari 2020| BERITA | Dilihat = 258 kali|