Terapi Rekreasi Rehabilitan RSJ Grhasia DIY

images

rekreasirehabYogyakarta, 26 September 2015. Instalasi Rehabilitasi Mental sebagai salah satu bagian dari program rehabilitasi kesehatan jiwa RSJ Grhasia DIY mempunyai berbagai kegiatan terapi sosial yang diadakan rutin tiap tahun. Kegiatan terapi sosial tersebtu antara lain terapi spiritual, terapi rekreasi, pentas seni, lomba rehabilitan, dan kegiatan out bond.  Terapi ditinjau dari aspek psikologis dan sosial untuk tercapainya penyesuaian diri, tercapainya harga diri dan pandangan serta penerimaan yang baik dari masyarakat terhadap rehabilitan.

Salah satu kegiatan terapi sosial yang telah diadakan pada hari sabtu tanggal 26 September 2015 kemarin adalah terapi rekreasi. Tujuan wisata yang didatangi kali ini adalah Taman Pintar Yogyakarta. Taman Pintar Yogyakarta (TPY ) adalah salah satu wisata pendidikan atau wisata edukasi paling banyak di kunjungi di Yogyakarta. Taman ini menawarkan model edukasi atau pembelajaran yang memadukan konsep pendidikan dan permainan dengan media yang menarik sehingga dapat merangsang keingintahuan anak dan memancing kreativitas anak terhadap iptek.

Terapi rekreasi yang diadakan tiap 4 bulan sekali ini berfungsi untuk meningkatkan pengetahuan bagi para rehabilitan serta membuat rehabilitan menjadi bahagia, senang, dan dapat bersosialisasi antara rehabilitan, pendamping, dan lingkungan sekitar. Terapi rekreasi sangat efektif bagi rehabilitan yang menarik diri, dikarenakan pada rehabilotan yang menarik diri interaksi sosialnya kurang. Diharapkan setelah mengikuti terapi rekreasi ini, rehabilitan yang awalnya menarik diri dapat merubah sikap dan prilakunya untuk bersosialisasi dalam interaksi dengan orang lain dan lingkungan sekitar.

,
By Admin| 03 Oktober 2015| Umum | Dilihat = 86 kali|