1. Terdaftar di SIMRS
  2. Resep dokter RS Jiwa Grhasia

1. Rawat jalan/IGD

  • Pasien menyerahkan resep dokter ke loket farmasi
  • Petugas farmasi mengkaji resep dokter dan melakukan konsultasi dengan dokter pemberi resep apabila diperlukan
  • Petugas farmasi membuat billing tagihan farmasi
  • Pasien menerima billing tagihan farmasi
  • Pasien membayar/menyerahkan billing tagihan farmasi ke kassa
  • Pasien menyerahkan bukti pembayaran/nota ke loket farmasi
  • Pasien menunggu untuk dilayani sesuai resep dokter
  • Pasien menerima obat/alat kesehatan dan mendapatkan penjelasan tentang obat/alat kesehatan yang diserahkan

2. Rawat Inap

  • Perawat menyerahkan resep dan buku bon obat wisma ke farmasi
  • Petugas farmasi mengkaji resep dokter dan buku bon obat wisma
  • Petugas farmasi mengentri obat/alkes ke billing farmasi
  • Petugas farmasi menyiapkan obat/alkes sesuai resep dokter
  • Petugas farmasi mencatat resep dalam buku bon obat/alkes
  • Petugas farmasi dan perawat melakukan serah terima obat/alkes

Jangka waktu penyelesaian

  1. Obat jadi rawat jalan ≤ 30 menit
  2. Obat racikan rawat jalan ≤ 60 menit
  3. Pelayanan bon obat rawat inap 1 x 24 jamc

  1. Sesuai dengan Peraturan Daerah Gubernur DIY Nomor 11 Tahun 2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah
  2. Sesuai dengan Keputusan Direktur Rumah sakit Jiwa Grhasia Nomor 188/21357 Tahun 2023 tentang Tarif Layanan Laboratorium, Radiologi, Diklatlitbang serta Klinik Psikologi
  3. Pasien dengan penjaminan sesuai dengan perjanjian kerja sama

  1. Pelayanan obat/alkes
  2. Pelayanan KIE (Konsultasi, Informasi dan Edukasi) obat

  1. Langsung melalui kotak saran
  2. Langsung pada Tim Pengelola Pengaduan Pelanggan RS Jiwa Grhasia
  3. Melalui telepon ke RS Jiwa Grhasia (0274) 895143/895297 atau fax (0274) 895142
  4. Melalui lapor: http://lapor.jogjaprov.go.id/
  5. Melalui saluran keluhan pelanggan:
  • Email: grhasiamentalhospital@jogjaprov.go.id
  • SMS: 081388383939 
  • Whatsapp: 081388383939

  1. Apoteker dan Asisten Apoteker yang handal dan bersertifikat
  2. Obat-obatan dan alat kesehatan yang lengkap
  3. Akses 24 jam
  4. Ruang Konsultasi Obat
  5. Ruang tunggu yang nyaman