Deteksi Kesehatan Jiwa!

  Pengen tahu Satus Kesehatan Jiwa Anda...?

Aplikasi deteksi dini kesehatan jiwa tersedia dalam aplikasi android dan web

 

 enter button

 

 

play-store-download

x

 

BANTUAN KELUARGA DALAM PENANGANAN NAPZA

narkoba1Anggota keluarga saya ada yang kecanduan napza. Bagaimana saya dapat menolongnya?


Semua bentuk kecanduan zat adalah beresiko karena dapat mengarah pada beragam konsekuensi negatif seperti putus hubungan, masalah keluarga, cedera yang serius, masalah hokum, dan lain-lain. Anggota keluarga lainnya dapat sangat berharap orang yang mereka cintai akan berhenti menggunakan napza dan hubungan mereka menjadi lebih baik. Sayangnya, kecanduan dapat menjalar dan permasalahannya dapat menjadi lebih buruk jika dibiarkan tanpa penyelesaian.


Jika masalah kecanduan memburuk, anggota keluarga kemungkinan merasakan perasaan tiada harapan/putus asa. Hal itu dapat berbentuk:


• Ketidakjelasan, komunikasi yang tidak jelas
• Konflik yang meningkat, menurunnya atau runtuhnya hubungan
• Penurunan bertahap dalam peran dan tanggungjawab
• Usaha untuk menyelamatkan seseorang dari keadaan kecanduan, melindunginya dari kosekuensi kecanduan, atau menyembunyikan permasalahan dari orang lain
• Mengomel, mengancam dan menmberi ultimatum
• Pemantauan yang berlebihan dan ketidakpercayaan


Hal terpenting yang sebaiknya anda lakukan adalah memahami permasalahan dan tidak menyangkalnya. Anda sebaiknya mencari bantuan dan dukungan professional, daripada hanya berusaha mengatasinya sendiri.


Manfaat melibatkan diri dalam perawatan orang yang anda cintai
Keterlibatan anggota keluarga atau orang yang berarti dalam program pengobatan dan perawatan seseorang dapat memperkuat dan memperpanjang manfaat pengobatan.
Saat mereka terlibat, anggota keluarga mendapatkan pemahaman yang lebih jelas tentang kecanduan dan proses pemulihannya. Bersama dengan orang yang mereka cintai, anggota keluarga dapat juga memahami tentang harapan, tujuan dan perannya dalam proses pemulihan.
Dukungan keluarga akan sangat memudahkan dan meningkatkan proses pemulihan bagi pasien.


Berurusan dengan orang yang anda cintai yang mempunyai masalah kecanduan: apa yang harus dilakukan dan apanya tidak boleh dilakukan
Tidak seorangpunberkeinginan atau mengharapkan salah satu anggota keluarganya terlibat dalam berbagai bentuk kecanduan napza. Tetapi bagaimanapun juga, ketika kita mencurigai adanya kasus ini, mengetahui apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan dapat membantu memperlancar proses pemulihan.
Apa yang harus dilakukan:
• Pelajari tentang kecanduan dan bagaimana pengaruhnya terhadap setiap anggota keluarga
• Mendorong orang yang anda sayangi untuk mencari pertolongan dan tetap menjalani pengobatan dan perawatan
• Ingatlah selalu melihat sisi positif dalam diri sendiri dan orang yang anda sayangi
• Perkenankan orang yang anda sayangi untuk bertanggungjawab dalam pemulihan dirinya sendiri
• Libatkan diri anda dalam kelompok dukungan (support group)
• Berkomunikasi secara positif, langsung dan jelas
• Terlibat dalam aktivitas perawatan diri. Yakinkan bahwa anda memperhatikan kesehatan fisik dan kejiwaan anda sendiri
• Ingatlah untuk memahami reaksi dan sikap anda sendiri
• Lindungi diri anda secara fisik, emosional dan finansial sesuai yang diperlukan
• Pertimbangkan untuk mencari dukungan untuk anda sendiri walaupun orang yang anda sayangi tidak dalam pengobatan. Memahami permasalahan dan akibat yang timbul akan membantu anda melakukan coping lebih baik
Apa yang tidak boleh dilakukan:
• Mencoba untuk mengatasi kegelisahan anda yang berlebihan atau gejala depresi tanpa bantuan orang lain
• Menerima kesalahan yang dilakukan orang lain dan menyalahkan diri sendiri
• Mengomel, berdebat, menggurui, mengancam atau mengingat kesalahan di masa lalu
• Terlalu melindungi, menutupi atau menyelamatkan orang yang anda sayangi dari konsekuensi kecanduannya
• Menelantarkan diri sendiri
• Melupakan bahwa kecanduan adalah suatu penyakit
• Menuntut kesempurnaan pada diri sendiri atau orang lain
• Mengabaikan peluang pertumbuhan dalam masa krisis.


Ke mana saya bisa mendapat pertolongan?
Anggota keluarga disarankan untuk menghadiri program pemulihan keluarga, menggali ilmu dan pengetahuan tentang kecanduan dan juga mendapat dukungan sebaya yang berharga dari anggota keluarga lainnya yang mungkin mengalami permasalahan dan pengalaman yang serupa.


Jika anda mempunyai pertanyaan atau berkeinginan untuk mempelajari lebih jauh tentang bagaimana membantu anggota keluarga yang mempunyai permasalahan kecanduan, bicaralah dan temui konselor kami atau dokter hari ini.

PENCEGAHAN KEKAMBUHAN PENGGUNAAN NAPZA

anti-narkobaSetelah anda berhenti menggunakan napza atau berhasil mengendalikan perilaku adiksi (kecanduan), langkah selanjutnya menuju pemulihan dan kesembuhan adalah mempertahankan abstinence (keadaan bersih dari napza).


Tahapan kekambuhan
Bahkan sebelum masuk ke dalam keadaan kambuh secara fisik, ada kemungkinan kekambuhan secara emosional atau kejiwaan sudah terjadi dalam pikiran (diri)anda.
Pada kekambuhan emosional, anda tidak memikirkan tentang menggunakan zat, tetapi emosi dan perilaku mengarahkan anda pada kemungkinan kambuh. Pada kekambuhan kejiwaan, pikiran anda 'berperang', dimana ada sebagian pikiran anda ingin tetap abstinenttapi sebagian lagi ingin kembali menggunakan napza.


Mengenal tanda-tanda peringatan dan situasi
Kadangkala, situasi tertentu dapat menggiring andakembali pada masalah adiksi. Dengan mengenali tanda-tanda dan situasi 'berbahaya'di bawah ini, anda dapat mengambil tindakan untuk menanganinya:
• Ber-fantasi atau memikirkan tentang adiksi di masa lalu (misalnya, menggunakan zat atau alkohol)
• Memikirkan tentang tempat, orang atau kejadian yang mengingatkan anda pada adiksi di masa lalu
• Menipu diri sendiri atau orang lain agar anda dapat melakukan sesuatu yang anda tahu seharusnya tidak boleh dilakukan
• Menyimpan alkohol, zat terlarang atau barang-barang yang berkaitan dengan masalah adiksi anda di sekitar rumah
• Merasa terlalu percaya diri, tertekan atau bosan
• Mengasingkan diri, misalnya membolos dari pertemuan kelompok dukungan (support group)atau menghindari kontak dengan sesama pasien yang telah membuat kemajuan dalam pemulihan dirinya
• Memikirkan (secara berlarut-larut) masa lalu yang menyakitkan dan penuh kebencian
• Memiliki uang tunai yang sangat banyak di tangan, misalnya, saat gajian.


Mengatasi situasi beresiko tinggi
• Gunakan teknik 'hentikan pikiran'
'Jepretan' karet gelang
Gunakan karet gelang pada pergelangan tangan; Tarik karet gelang dan lepaskan ketika anda menyadariadanya 'suara-suara'negatif. Rasa nyeri karena jepretan karet gelang akan berfungsi sebagai konsekuensi negatif yang akan menyadarkan pikiran anda dan juga membantu untuk menghentikan 'suara-suara'negatif tersebut.


Visualisasi
Ubahlah pikiran negatif atau pesimis dengan pikiran positif atau yang menyenangkan. Hal ini dimaksudkan untuk mengalihkan pikiran dari obsesifmenjadi lebih tenang.


Hubungi seseorang
Menghubungi seseorang dan berbicara dengan orang lain dapat memberikan 'kendali'atas perasaan anda dan juga memudahkan anda untuk lebih mendengar proses berpikir anda sendiri untuk menghindari kekambuhan.
• Hindari kontak dengan teman lama yang berhubungan dengan napza atau adiksi. Anda dapat memilih untuk:
  o Ganti nomor telpon anda atau hapus nomor mereka
  o Hindari dialog panjang selain berkata 'halo'ketika anda bertemu dengan mereka
• Hindari tempat-tempat di mana anda dulu sering menggunakan napza.


Tentukan tujuan pemulihan
• Tentukan tujuan pemulihan anda dan buatlah skema waktu untuk mencapainya:
  o Tujuan jangka pendek
  o Tujuan jangka menengah
  o Tujuan jangka panjang


• Lebih spesifik
Misalnya, daripada hanya menentukan tujuan umum untuk membatasi akses pada keuangan, tentukanlah satu tujuan spesifik, contohnya seperti mensahkan bantuan dari pasangan anda untuk mengambil gaji anda atau membatalkan kartu kredit anda atau kartu ATM untuk menghentikan perjudian.


• Lebih realistis
Misalnya, berkeinginan untuk mencapai ketenangan hanya dalam satu hari setelah mencari pengobatan bukanlah tujuan yang realistis.


• Tentukan tanggal mulai kegiatandan alokasikan kerangka waktu untuk mencapai tujuan
Misalnya, mulailah dengan pemikiran menentukan tanggal kapan anda harus bias mengatasi masalahadiksi anda. Hal ini membantu anda untuk memiliki rencana yang lebih konkrit mengenai bagaimana anda mengambil tindakan dan berusaha mengakhiri adiksi anda.


Tips yang berguna
• Jujurlah pada diri sendri dan pada keluarga anda
• Tetaplah menemui dokter, konselor dan kelompok dukungan anda secara rutin
• Menjaga diri agar tetap sibuk dengan pekerjaan anda, keluarga dan latihan
• Untuk menjaga hidup yang terstruktur:
   o Bangun dan pergi tidur di waktu yang sama setiap harinya
   o Makan makanan yang tepat atau sesuai
   o Ikuti dan patuhi jadwal yang telah disepakati
• Simpankan pendapatan anda ke rekening orang yang anda percayai


Jika anda mempunyai pertanyaan atau berkeinginan untuk mempelajari lebih jauh tentang manajemen kekambuhan, bicaralah dan temui konselor kami atau dokter hari ini.

 

Berhenti menggunakan napza itu mudah tetapi mempertahankan keadaan 'tetap berhenti' membutuhkan lebih banyak usaha dan pengorbanan. Teman-teman lama akan mencoba untuk menghubungi anda dan tekanan serta situasi masa lalu akan muncul lagi. Pada situasi seperti ini, godaan untuk kembali pada 'cara lama' atau adiksiakan lebih kuat dari sebelumnya.
Untuk menghindari tergelincir dan kekambuhan, anda perlu melengkapi diri anda dengan kemampuan untuk mempertahankan abstinence. Hal ini termasuk mempelajari bagaimana mengenali tanda-tanda dan situasi yang berhubungan dengan kekambuhan, mengatasi situasi beresiko tinggi dan menentukan tujuan untuk kesembuhan.