Deteksi Kesehatan Jiwa!

  Pengen tahu Satus Kesehatan Jiwa Anda...?

Aplikasi deteksi dini kesehatan jiwa tersedia dalam aplikasi android dan web

 

 enter button

 

 

play-store-download

x

 

KLINIK VCT RS JIWA GRHASIA

meinapzaVoluntaryCounselingand Testing (VCT) merupakan gabungan dua kegiatan yaitu konseling dan tes HIV/AIDS ke dalam satu jaringan pelayanan agar lebih menguntungkan, baik bagi klien maupun bagi pemberi pelayanan.

Melakukan konseling dan testHIV/AIDS di klinik VCT  sangat penting bagi kita, karena kita akan mengetahui secara dini apakah positif mengidap HIV/AIDS atau tidak. Deteksi dini memungkinkan orang mengubah gaya hidup, dari yang tidak sehat menjadi gaya hidup sehat, dari gaya hidup tidak seimbang menjadi cara hidup yang seimbang.

TestHIV/AIDS ini dilakukan secara sukarela dan betul-betul pribadi, ketika mereka tidak mau maka orang lain tidak boleh memaksakan. Adapun tahap pelayanan pemeriksaan VCT adalah sebagai berikut :

1. Konseling PreTest

Berguna untuk memberikan informasi mengenai apa dan bagaimana HIV/AIDS

2. InformedConsent

Ketika klien sudah setuju untuk melakukan tes HIV/AIDS maka harus ada informedconsent yang harus ditanda tangani oleh klien. Tes VCT ini juga bersifat rahasia, tidak ada yang boleh tahu kecuali klien tersebut yang membuka sendiri hasilnya

3. Konseling PostTest

Memberikan arahan kepada klien apa yang harus dilakukan selanjutnya jika hasil tesnya positif. Jika hasil tes negatif, klien disarankan untuk mengubah perilakunya supaya mampu meminimalisir penularan HIV/AIDS.

Konseling HIV/AIDS melalui pemeriksaan VCT penting untuk dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan HIV/AIDS dan perubahan perilaku tidak sehat karena diagnosis HIV/AIDS mempunyai banyak implikasi psikologis, sosial, fisik, dan spiritual. Ketika orang sudah diketahui terinfeksi HIV/AIDS langkah berikutnya adalah melakukan tes CD 4 dan kemudian mengakses obat ARV agar virus dapat ditekan perkembangbiakannya.

                Oleh karena itu segera datang ke klinik VCT, konsultasikan dirimu. Hindari penularan HIV/AIDS. Salam sehat!