FORUM SKPD 2014

images

musrenbangTanggal 24 Maret 2014 RSJ Grhasia dan SKPD lain bidang kesejahteraan rakyat mepresentasikan rencana program dan kegiatan yang akan dilaksanakan tahun 2015 untuk mendapatkan masukan dari masyarakat dan berbagai pihak agar program kegiatan yang direncanakan lebih bisa menjawab kebutuhan masyarakat. Acara Forum SKPD ini dilaksanakan di unit VIII Kantor Pemda DIY Kepatihan Yogyakakarta, sebagai salah satu rangkaian acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang)


Perencanaan Pembangunan yang baik akan menjamin pelaksanaan yang baik dan sebaliknya Pelaksanaan Pembangunan yang baik akan terselenggara apabila diawali dengan perencanaan yang baik pula, sehingga mampu dilaksanakan oleh seluruh pelaku pembangunan serta memenuhi kebutuhan masyarakat. Musrenbang merupakan forum konsultasi para pemangku kepentingan untuk menghasilkan kesepakatan perencanaan pembangunan di daerah yang bersangkutan sesuai tingkatan wilayahnya


Keberadaan Musrenbang secara resmi dalam proses perencanaan adalah satu kesempatan untuk benar- benar menerapkan prinsip partisipatif dengan pendekatan bottom-up. Jika dikaitkan dengan proses penganggaran, Musrenbang merupakan salah satu tahapan di mana kebutuhan masyarakat bisa diidentifikasi, diusulkan dan dianggarkan.


Musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD DIY Tahun 2015 ini dilaksanakan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap Rancangan RKPD. Penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan tersebut mencakup: (a) program dan kegiatan prioritas pembangunan daerah dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan nasional serta usulan program dan kegiatan hasil musrenbang kabupaten/kota; (b) indikator dan target kinerja program dan kegiatan pembangunan daerah; dan (c) prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaan.


Diharapkan dari pelaksanaan Musrenbang 2014 didapatkan :
1. keselarasan program dan kegiatan prioritas pembangunan daerah provinsi dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan nasional serta usulan program dan kegiatan musrenbang kabupaten/kota.
2. Hasil klarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah daerah provinsi pada musrenbang RKPD Kabupaten/Kota dan/atau sebelum musrenbang provinsi dilaksanakan.
3. Indikator dan target kinerja program yang tajam dan kegiatan pembagunan provinsi.
4. Kesepakatan prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaan.


Dalam rangka pelaksanaan musrenbang ini RSJ Ghrasia DIY sebagai salah satu SKPD mengikuti keseluruhan acara musrenbang tersebut, dan dalam Forum SKPD RSJ Grhasia sebagai salah satu SKPD Pemda DIY mempresentasikan rencana program/kegiatan tahun2015 agar program dan kegiatan yang disusun mendapat masukan dari berbagai pihak sehingga diharapkan program dan kegiatan yang disusun benar benar dapat menjawab kebutuhan masyarakat dan secara terus menerus dapat meningkatkan mutu pelayanannya kepada masyarakat. Banyak masukan yang dapat diambil sebagai bahan penyusunan rencana diantaranya dari Aliansi Buruh Yogyakarta yang mengharapkan bahwa mestinya untuk RSJ Grhasia beban dari APBD hanya untuk gaji saja.


Semoga dengan acara ini bisa dimanfaatkan seluruh stakeholder yang terlibat untuk meningkatan kualitas perencanaan di DIY sehingga kualitas pelaksanaan pembangunan meningkat pula.

,
By Admin| 28 Maret 2014| Umum | Dilihat = 189 kali|