Sukses Dengan Pikiran Bawah Sadar

images

Dimulai Dari Impian Anda

 

Kata ”impian” sengaja digunakan untuk menunjukkan suatu gambaran tentang peristiwa atau kehidupan yang seolah-olah tidak masuk akal, tidak mungkin dan hanya sekedar lamunan belaka. Orang-orang barangkali akan dengan suka cita menertawai anda bila dengan penuh keyakinan mengatakan bahwa anda menginginkan penghasilan 500 juta perbulan, memiliki rumah yang cantik, perkebunan ratusan hektar, hidup bahagia dengan istri yang anda cintai, anak-anak yang lucu, membangun rumah sakit, atau berkeliling dunia ke negeri-negeri yang jauh. Orang mungkin akan lebih bersemangat menertawai anda bila saat mengatakan hal itu, anda sedang berada dalam kemiskinan yang parah.

Impian tentu tidak hanya berkaitan dengan hal-hal yang secara jelas bersifat duniawi, melainkan membentang luas dari sebatas ingin menjadi lebih pandai dan terampil sampai hasrat menjadi menusia yang lebih baik secara sosial, religius, dan spiritual. Anda barangkali ingin menjadi seseorang yang mampu berbicara dalam lima bahasa: Inggris, Arab, Prancis, China, dan Jerman. Teman-teman anda bolehlah menertawai bila saat mengatakan hal itu, bahasa Inggris anda pun masih kacau balau, dan yang lain, tak satu kata pun dapat anda mengerti. Atau bersiaplah mendapat ejekan dan kata-kata tidak menyenangkan bila tanpa kedua kaki, anda berkeras ingin menjadi pemanjat tebing.

Tahukan anda mengapa impian sering menjadi bahan tertawaan dan ejekan? Kita sudah menjawabnya di awal bahwa apa dibayangkan banyak orang sebagai impian adalah sebentuk keinginan tak masuk akal, tidak mungkin, dan sekedar lamunan hidup yang susah. Impian dari orang-orang susah, miskin, dan menderita tak lebih dari penghiburan atau sebentuk kekacauan pikiran. Orang sudah terlanjur percaya bahwa yang berhak dan pantas memiliki impian hanya mereka yang kaya. Tapi mereka yang sehat akal mengatakan sebaliknya: justu karena anda miskin, maka bangun dan perkuat impian anda. Orang-orang yang percaya dengan kekuatan mimpi akan menilai anda sebagai orang yang memiliki alasan yang lebih kuat dan besar untuk sukses bila anda tetap membangun, memperkuat impian, apapun keadaannya. Bila orang menertawai atau menggangap imipian anda tak masuk akal, katakan: tentu saja saya tidak harus bermimpi kalau hanya untuk bisa makan tiga kali sehari, gaji satu juta perbulan, rumah yang cukup layak ditinggali, satu petak kebun, menguasai satu bahasa asing atau sekedar menjadi seseorang yang diterima masyarakat.

,

 

Impian diperuntukkan bagi keinginan-keinginan besar dari orang-orang besar, berani, percaya, dan meyakini bahwa tidak ada sesuatu yang mustahil untuk dilakukan, tidak ada yang tidak mungkin untuk diraih. Impian diperuntukkan bagi mereka yang ramah dengan apa yang disebut banyak orang sebagai kemustahilan, peduli dengan hal-hal yang dianggap tidak mungkin. Impian diperuntukan bagi mereka yang menyadari bahwa mereka bisa lebih hebat, lebih sejahtera, dan lebih bahagia dari dirinya yang terlihat sekarang.

Saya teringat kisah penemuan Isaac Newton tentang hukum gravitasi setelah mengamati jatuhnya sebutir apel. Namun yang tidak banyak diketahui orang adalah bahwa Edmund Halley—seorang atronom penemu Komet Halley—adalah satu-satunya orang yang paling bertanggung jawab membuat Newton terkenal. Halley menantang Newton untuk memikirkan ulang idenya yang orsinil secara menyeluruh. Halley mengoreksi kesalahan matematis Newton, menyiapkan angka-angka geometris untuk mendukung pekerjaannya. Halley tidak hanya mendorong Newton menulis karya besarnya, Mathematical Principles of Natural Philosophy, tetapi juga menyunting pekerjaan itu, mengadakan supervisi penerbitannya dan sekaligus membiayai percetakannya. Halley mendorong Newton mengikuti impiannya, dan hal itu menambahkan signifikansi yang tidak terukur pada kehidupan seorang Isaac Newton. Apa yang ingin saya katakan adalah: saya menantang anda untuk menjadikan Isaac Newton dan Edmund Halley sebagai dua sosok yang ada dalam diri anda. Anda adalah Isaac Newton yang memiliki impian besar dan sekaligus Edmund Halley yang secara total mendukung impian-impian itu agar terwujud. Dengan begitu, anda benar-benar dapat menambahkan signifikansi yang tidak terukur pada kehidupan anda.  


 

Kekuatan Pikiran Bawah Sadar Anda Yang Mengagumkan

 

Apa itu Pikiran Bawah Sadar?

Anda semua hanya mempunyai satu pikiran. Namun, pikiran anda memiliki dua karakteristik dan fungsi yang berbeda. Dereten nama yang biasanya digunakan untuk membedakan dua fungsi pikiran anda adalah pikiran obyektif dan pikiran subyektif, rasional dan irasional, pikiran sadar dan pikiran bawah sadar, diri dipermukaan dan diri dikedalaman, dan berbagai istilah lain. Pada kesempatan ini kita akan menggunakan istilah pikiran sadar (conscious mind) dan pikiran bawah sadar (subconscious mind) untuk menggambarkan dua macam sifat pikiran anda.

Pikiran sadar adalah pikiran logis yang berhubungan dengan penalaran dan logika, kehendak, dan kesadaran mengenai realitas. Anda berpikir dengan pikiran sadar yang merupakan perencana atau pengatur pikiran bawah sadar anda. Pikiran sadar anda hanya menyadari tentang konsep sekarang dan saat ini. Ia tidak dapat meramalkan masa depan dan hanya fokus dengan tugas-tugas saat ini. Adapun pikiran bawah sadar adalah pikiran yang berhubungan dengan energi dan penciptaan; pikiran kreatif yang melaksanakan apa yang direncanakan pikiran sadar anda. Pikiran bawah sadar merupakan seperangkat emosi dan tempat penyimpanan memori yang dikenal sebagai pikiran subyektif karena secara subyektif sekedar merespon apa yang disampaikan, dikesankan, diminta dan dipustuskan pikiran sadar anda, tanpa membantah atau membuat plihan.

 

Bagaimana Cara Kerja Pikiran Bawah Sadar?

Anda berpikir dengan pikiran sadar anda, dan apapun yang biasanya anda pikirkan meresap dalam pikiran bawah sadar anda yang tercipta menurut sifat pikiran anda. Pikiran bawah sadar adalah seperangkat emosi dan merupakan pikiran kreatif. Bila anda memikirkan yang baik, kebaikan akan mengikuti. Bila anda memikirkan yang jahat, kejahatan akan mengikuti. Inilah cara pikiran anda bekerja. Hal utama yang perlu diingat adalah bahwa ketika pikiran bawah sadar anda menerima suatu ide, ia mulai menjalankannya. Pikiran bawah sadar bekerja untuk yang baik maupun yang jahat. Hukum ini bila diterapkan dalam cara yang negatif menyebabkan kegagalan, frustasi, ketidakbahagiaan. Namun ketika anda membiasakan diri untuk berpikir harmonis dan konstruktif, anda akan mengalami kesejahteraan, kesuksesan, dan kesehatan yang sempurna.

Cara terbaik untuk memperkenalkan atau menggambarkan dua fungsi dari pikiran anda adalah dengan memandang pikiran anda sebagai sebuah kebun. Anda adalah tukang kebun yang menanam dan menabur benih di dalam pikiran bawah sadar anda sepanjang hari, berdasarkan pada pikiran-pikiran yang terus diulang atau biasa anda pikirkan. Ketika anda menaburkan benih di dalam pikiran bawah sadar anda, anda akan menuai hasilnya dalam kehidupan dan tubuh anda. Pikiran bawah sadar anda sangat sensitif terhadap pikiran, ide, gagasan-gagasan anda. Para ilmuan besar, artis, penyair, penyanyi, penulis, dan para penemu memiliki pemahaman yang mendalam tentang bekerjanya dua tingkat pikiran, yaitu pikiran sadar atau rasional dan pikiran bawah sadar atau irasional.

Pikiran sadar seperti pengemudi, kapten sebuah kapal. Ia mengarahkan kapal, dan anak buahnya di ruang mesin yang mengendalikan semua peralatan. Anak buahnya atau orang-orang di ruang mesin tidak tahu dimana mereka pergi, mereka hanya mengikuti perintah. Mereka akan menabrak batu-batu karang bila kapten yang mengarahkan kapal memberi perintah yang salah. Para anggota awak kapal tidak akan berbicara kembali kepada kapten; mereka hanya menjalankan perintah.

Kapten adalah penguasa kapalnya, dan perintah-perintahnya dijalankan. Seperti itulah pikiran sadar: kapten dan penguasa atas diri anda yang menyajikan bagaimana tubuh, lingkungan, dan hubungan-hubungan anda. Sementara pikiran bawah sadar hanya mengambil dan memenuhi perintah yang diberikan kepadanya berdasarkan apa yang dipercaya dan diterima sebagai kebenaran oleh pikiran sadar anda. Ketika anda mengatakan, ”Saya tidak bisa mendapatkannya,” maka pikiran bawah sadar menempatkan anda sesuai dengan apa yang anda katakan dan melihatnya sebagai suatu perintah bahwa anda tidak ingin berada dalam kondisi mendapatkannya, sehingga anda benar-benar tidak mendapatkannya. Sekali lagi, pikiran bawah sadar hanya mengikuti, memenuhi apa yang anda perintahkan.

Pikiran bawah sadar adalah pilot pikiran yang bekerja secara otomatis. Ia tidak mempertanyakan sesuatu yang dimasukan atau disampaikan kepadanya. Ia menerima segala hal sebagai suatu kebenaran, kenyataan dan kepastian yang harus dijalankan. Peran pikiran sadarlah yang menyaring. mempertanyakan sesuatu sebelum diterima pikiran bawah sadar. Apapun yang anda alami dalam hidup keseharian anda, akan tertanam atau menjadi suatu kesan dalam pikiran bawah sadar anda. Setiap pkiran atau gagasan, keyakinan, pendapat, teori-teori dan kejadian-kejadian dalam hidup anda akan masuk dalam pikiran bawah sadar anda sebagai kebenaran yang mutlak. Apa yang anda tuliskan di dalam akan anda alami di luar. Ketika pikiran sadar atau pikiran obyektif anda benar-benar menerima suatu gagasan, hal itu ditransmisikan kepada bagian-bagian otak dan oleh karena itu mewujud dalam pengalaman anda. Pikiran bawah sadar anda tidak bisa membantah. Ia hanya menerima kesimpulan dari pikiran sadar anda sebagai suatu kebenaran yang bersifat final. Ia tidak memerlukan alasan untuk membuat sesuatu terjadi.

Hubungan pikiran sadar dan pikiran bawah sadar mengikuti prinsip jenis kelamin mental pria dan wanita. Pikiran sadar adalah pria atau pemimpin, dan pikiran bawah sadar adalah wanita atau pengikut. Pikiran bawah sadar anda adalah pembantu, penolong pikiran sadar. Semakin terintegrasi, sinkron dan harmonis bekerjanya pikiran sadar dan pikiran bawah sadar akan semakin sempurna keseluruhan fungsi pikiran sebagai suatu kesatuan; semakin kreatif, produktif. Semakin tidak harmonis antara keduanya, semakin rusak, runtuh dan berhenti berfungsi sebagaimana mestinya. Bukan pikiran sadar anda yang benar-benar menciptakan realitas, melainkan keyakinan pikiran bawah sadar: aspek feminin pikiran inilah yang merupakan kecakapan untuk menciptakan. Apakah anda pernah melihat laki-laki melahirkan? Tentu saja tidak. Hanya perempuan yang melahirkan seorang anak. Pikiran sadar, aspek maskulin dari kondisi pikiran memasukan atau mengirim ide, pesan ke dalam pikiran bawah sadar untuk menciptakan keyakinan sehingga mewujud dalam kenyataan.

Bila anda secara sadar mengatakan sesuatu sebagai sebuah kebenaran bahkan meskipun hal itu adalah salah, maka pikiran bawah sadar anda akan menerimanya sebagai sesuatu yang benar dan saat itu juga memprosesnya untuk diwujudkan. Pikiran bawah sadar menerima dengan instuisi. Pikiran sadar adalah penjaga pintu gerbang yang fungsi utamanya melindungi pikiran bawah sadar anda dari pikiran, gagasan atau kesan-kesan yang salah. Sebuah anjuran, saran atau usulan tidak dapat ditanamkan dalam pikiran bawah sadar anda bila itu bertentangan dengan kehendak pikiran sadar. Pikiran sadar dan pikiran bawah sadar berbeda peran tapi memiliki status yang sama-sama penting. Pikiran sadar dan pikiran bawah sadar adalah dua pikiran terpisah tapi keduanya merupakan dua aspek yang berbeda dari satu pikiran.

Kita memiliki suatu potensi yang mengetahui semua jawaban bagaimana bergerak maju menuju keseimbangan dan harmonis. Namun potensi yang ada dalam diri kita itu belum dimanfaatkan. Tanpa anda ketahui, pikiran bawah sadar anda mencari cara untuk mencapi semua itu. Pikiran bawah sadar mengatur semua fungsi-fungsi vital dalam hidup anda. Itulah sebab dari semua kebiasan baik dan kebiasan buruk anda.

 

Bagaimana Memanfaatkan Pikiran Bawah Sadar Anda?

Anda tidak mungkin tiba-tiba berada di suatu tempat. Saat anda berada di sebuah restoran, memilih menu yang anda ingin dan juga dimana anda akan duduk, semuanya dalam hitungan detik atau menit pasti terlebih dulu muncul, diproses dan tergambar dalam pikiran anda dan selanjutnya membentuk realitas atau kenyataan: anda datang ke restoran padang, memilih menu ayam goreng dan duduk dipojok kanan sambil menonton televisi. Semua berawal dari pikiran! Itu artinya anda semua harus berhati-hati dalam berpikir, benar-benar merencanakan, memastikan, memilih apa yang harus dan layak anda masukan dalam pikiran anda.

Pengetahuan tentang interaksi pikiran sadar dan pikiran bawah sadar akan memampukan anda untuk merubah keseluruhan hidup anda. Agar dapat merubah kondisi eksternal, anda harus merubah penyebabnya. Kebanyakan orang mencoba merubah kondisi dengan bekerja bersama kondisi itu. Agar dapat melepaskan diri anda dari perselisihan, kebingungan, kelemahan, dan keterbatasan, anda harus mengubah penyebabnya, dan penyebabnya adalah cara anda menggunakan pikiran sadar anda. Atau dengan kata lain, cara anda berpikir dan menggambarkan sesuatu dalam pikiran anda.

Ketika anda berpikir dengan benar, ketika anda memahami kebenaran, ketika pikiran-pikiran yang disimpan, ditanam dalam pikiran bawah sadar anda adalah pikiran yang konstruktif, harmonis dan penuh kedamaian, maka kekuatan pikiran bawah sadar sadar anda yang bekerja secara gaib akan merespon dan membawa kondisi-kondisi harmonis, menyenangkan dan baik dalam segala hal. Ketika anda mulai mengendalikan proses berpikir anda, anda akan dapat menerapkan kekuatan pikiran bawah sadar untuk segala bentuk kesulitan. Dengan kata lain, anda akan benar-benar bekerja sama secara sadar dengan kekuatan hukum Maha Kuasa yang tidak terhingga yang membentuk segala hal.

Pikiran bawah sadar anda adalah suatu prinsip dan bekerja menurut hukum keyakinan. Semua pengalaman, peristiwa, kondisi dan tindakan-tindakan anda adalah reaksi pikiran bawah sadar atas keyakinan pikiran-pikiran anda. Pikiran, ide atau gagasan adalah aksi, dan reaksinya adalah respon pikiran bawah sadar anda. Oleh karena itu mulai sekarang taburkan pikiran kedamaian, kebahagiaan, tindakan yang benar, kehendak yang baik, dan kesejahteraan. Pikirkan semua itu dengan sungguh-sungguh, ketertarikan kuat, dan penuh penerimaan dalam pikiran sadar anda. Teruslah menanam benih-benih pikiran yang baik dalam kebun pikiran anda, dan anda akan menuai hasil panen yang melimpah, gilang-gemilang. Pikiran bawah sadar anda dapat diserupakan dengan tanah yang akan menumbuhkan semua jenis benih yang baik maupun yang buruk. Semua pikiran adalah sebab, dan kondisi adalah suatu akibat.

Berhenti mempercayai keyakinan, pendapat atau pandangan yang salah dan ketakutan-ketakutan manusia. Sibukkan diri anda dengan konsep-konsep tentang harmoni, kesehatan, kedamaian, kehendak yang baik, dan keajaiban akan terjadi dalam kehidupan anda. Siapapun yang menerapkan prinsip-prinsip pikiran bawah sadar akan mampu berdoa secara ilmiah dan efektif bagi dirinya sendiri dan orang lain. Doa anda dijawab menurut hukum universal mengenai aksi dan reaksi.

Kedamaian pikiran dan tubuh yang sehat tidak dapat dielakkan ketika anda mulai berpikir dan merasakan dengan cara yang benar. Apapun yang anda klaim secara mental dan anda rasakan sebagai sesuatu yang benar, pikiran alam bawah sadar anda akan menerima dan melahirkannya dalam pengalaman anda. Satu-satunya hal yang perlu anda lakukan adalah membuat pikiran alam bawah sadar anda menerima ide anda, dan hukum pikiran bawah sadar anda akan melahirkan kesehatan, kedamaian, atau posisi hasrat anda. Anda menerima perintah atau ketetapan dan pikiran bawah sadar anda akan memancarkan atau meniru kembali (reproduce) secara tepat (faithfully) ide yang ditanamkan. Inilah hukum pikiran anda: anda akan mendapatkan reaksi atau respon dari pikiran bawah sadar anda menurut sifat pikiran atau ide yang anda lekatkan dalam pikiran bawah sadar anda. Keinginan atau impian-impian anda serupa dengan biji kurma. Anda dapat menaruhnya dalam sebuah guci, dan menyimpannya di langit-langit rumah. Biji-biji kurma itu akan tetap hidup karena mengandung kehidupan. Namun bila anda menyimpannya terlalu lama, membiarkannya atau menanamnya dengan cara dan di tempat yang salah, maka sulit diharapkan biji kurma itu akan tetap hidup apalagi tumbuh.


 

Membangkitkan Dan Menjalin Keterhubungan Dengan Pikiran Bawah Sadar

 

Area Pikiran Sadar dan Pikiran Bawah Sadar

 

Area pikiran sadar dan pikiran bawah sadar yang dimaksudkan tentu bukan suatu area atau tempat obyektif bagi pikiran anda, melainkan sekedar gambaran visual untuk memudahkan pemahaman anda bagaimana proses atau dinamika kebangkitan dan keterbungan dengan pikiran bawah sadar. Pikiran anda dapat diibaratkan seperti gunung es. Bagian dari gunung es yang terlihat atau tampak menjulang di permukaan laut adalah pikiran sadar. Sementara, bagian gunung es yang tidak terlihat, tersembunyi di bawahnya adalah pikiran bawah sadar anda. Bagian gunung es yang tersembunyi ini jauh lebih besar dari bagian yang tampak dipermukaan. Lebih dari sekedar besar, bagian yang tidak tampak atau pikiran bawah sadar anda itu menyimpan kekuatan-kekuatan dahsyat, kreatif, kecerdasan, penciptaan, dan penentu dari kebiasaan hidup dan keseharian anda.

 

Secara lebih detail kita dapat menggambarakan pikiran anda dalam sebuah lingkaran yang mencakup tiga bagian atau lapisan. Lapisan pertama atau lapisan terluar adalah pikiran sadar (conscious mind) anda. Pikiran sadar anda adalah pikiran logis yang berhubungan dengan penalaran dan logika, kehendak dan kesadaran mengenai realitas. Anda berpikir dengan pikiran sadar yang merupakan perencana, pengirim pesan dan perintah kepada pikiran bawah sadar anda. Lapisan kedua adalah pikiran kritis (critical mind) anda yang akan menentukan apakah ide, gagasan, saran atau pesan diperkenankan untuk diterima pikiran bawah sadar anda. Pikiran kritis akan menganalisis, mempertanyakan, menghambat masuknya gagasan kealam bawah sadar anda. Lapisan ketiga atau lapisan terdalam adalah pikiran bawah sadar (subconscious mind) anda yang berhubungan dengan energi dan penciptaan; pikiran kreatif yang melaksanakan apa saja yang direncanakan pikiran sadar anda. Pikiran bawah sadar sekedar merespon apa yang disampaikan, dikesankan, diminta, dan diputuskan oleh pikiran sadar anda, tanpa membantah ataupun membuat pilihan.

 

Ketika anda sendiri atau seseorang mengatakan kepada anda: ”Saya lihat anda punya potensi. Saya yakin anda bisa menyelesaikan kuliah dalam waktu tiga setengah tahun dengan nilai yang mengagumkan.” Ketika pernyataan itu meluncur dari bibir orang lain atau dari pikiran anda sendiri, maka pikiran sadar anda barangkali sudah mengiyakan, menerima, dan meyakininya. Bila keyakinan itu terus menerus diulang, diperkuat, dan digambarkan secara jelas, maka ia akan meresap; tertanam dalam pikiran bawah sadar anda dan saat itu juga pikiran bawah sadar mulai bekerja untuk mewujudkannya. Namun, sangat mungkin dengan tiba-tiba atau selang beberapa jam kemudian, pikiran kritis anda mengatakan, ”Ah, kamu jangan bermimpi. Selesai kuliah dalam waktu tiga setengah tahun bukan hal yang mudah. Belajar keras, masuk kuliah setiap hari, mengerjakan banyak tugas adalah sesuatu yang sulit dan membosankan. Juga dosen-dosen, terlampau pelit memberi nilai. Belum lagi saat skripsi, kau masih harus mengulang berkali-kali. Kamu tidak akan mampu menyelesaikan kuliah dalam waktu tiga setengah tahun. Jadi, lupakan saja keinginan yang tidak masuk akal itu.” Pikiran kritis anda akan membombardir anda dengan pernyataan, alasan-alasan, dan bukti-bukti yang meyakinkan bahwa anda tidak akan mampu wewujudkan impian dan keinginan anda. Ide atau pesan positif (anda bisa menyelesaikan kuliah dalam waktu tiga setengah tahun dan dengan nilai yang mengagumkan) bukan saja tidak masuk dan tertanam dalam pikiran bawah sadar anda, tapi justu tergantikan dengan ide dan pesan negatif (anda tidak bisa menyelesaikan kuliah dalam waktu tiga setengah tahun). Oleh karena pesan negatif itu yang kemudian justru secara tanpa sadar tertanam dalam pikiran bawah sadar, maka yang terjadi adalah anda benar-benar tidak mampu menyelasaikan kuliah dalam waktu tiga setengah tahun. Banyak hal atau keadaan yang kemudian membantu anda untuk gagal karena sesungguhnya gagal telah menjadi tujuan dan impian anda. Kegagalan adalah perintah yang diberikan pikiran sadar anda untuk dilaksanakan pikiran bawah sadar yang tidak dapat membantah, membuat pilihan, kecuali melaksanakannya.

Dari uraian itu kirannya sudah sangat jelas bahwa untuk memanfaatkan, membangkitkan, dan menjalin keterhubungan dengan pikiran bawah sadar secara sadar dan terencana, anda harus menembus, melintasi tembok pikiran sadar dan pikiran kritis anda agar ide, pesan, keinginan, impian atau keyakinan-keyakinan positif anda dapat secara bebas masuk dan tertanam dalam pikiran bawah sadar. Dengan begitu, anda telah secara sadar memanfaatkan, merencanakan, memilih, memutuskan gagasan apa yang akan ada tanamkan dalam pikiran bawah sadar anda. Pemanfaatan pikiran bawah sadar secara sadar dan terencana dimaksudkan untuk membedakan dari ide, gagasan, keinginan, emosi-emosi dan kebiasaan yang secara tanpa sadar (tidak direncana) masuk dan mengakar kedalam pikiran bawah sadar, membentuk kenyataan sesuai dengan pesan yang ditanamkan oleh pikiran sadar. Ketika pikiran sadar seseorang secara berulang ulang mengatakan bahwa ia tidak akan mampu berbahasa inggris, maka (meskipun tidak direnanakan untuk ditanamkan dalam pikiran bawah sadar) gagasan itu secara tanpa sadar akan tertanam dalam pikiran bawah sadar yang akan mewujudkan kondisi tidak dapat berbahasa Inggris. Sebaliknya dengan merencanakan; secara sengaja memasuki pikiran bawah sadar, itu artinya melalui pikiran sadar, anda memilih, menentukan ide atau gagasan-gagasan apa yang benar-benar ingin anda tanakan dalam pikiran bawah sadar. Ibarat seorang petani, anda secara sadar memilih bibit yang terbaik (pikiran, ide, keinginan), menanamnya di lahan yang subur (pikiran bawah sadar), dan mengetahui apa yang harus anda lakukan (teknik merawat mimpi, keinginan).

Untuk dapat memanfaatkan-membangkitkan-menjalin keterhubungan dengan pikiran bawah sadar (secara sadar dan terencana), anda harus menembus, melintasi tembok pikiran sadar dan pikiran kritis. Pertanyaannya adalah bagaimana menembus, melintasi pikiran sadar dan pikiran kritis ? Atau dengan perkataan lain, bagaimana kita dapat memasuki pikiran bawah sadar? Sebelum menjawab pertanyaan itu, kita akan terlebih dahulu membahas tentang gelombang otak yang menunjukkan aktivitas otak atau pikiran anda. Bila area pikiran sadar dan bawah sadar menggambarkan tempat dari pikiran sadar dan bawah sadar, maka gelombang otak lebih jauh, menggambarkan aktivitasnya. Hal itu selanjutnya menjadi suatu petunjuk, harus pada frekwensi berapa gelombang otak anda sehingga anda dapat memasuki atau berada dalam pikiran bawah sadar. Gelombang Otak

Aktivitas otak kita dapat didekteksi dengan menggunakan peralatan yang disebut elektroensefalograf (EEG) yang menghasilkan rekaman aktivitas elektrik yang disebut gelombang otak. Pola atau hasil rekaman gelombang otak akan berubah-ubah sejalan dengan apa sedang dilakukan oleh seseorang. Pada saat anda mengendarai mobil, berdoa, atau tertidur, gelombang otak anda menunjukkan frekwensi gelombang otak yang berbeda. Frekwensi gelombang otak diukur dalam satuan Hertz (Hz) atau perputaran per detik (cps). Berdasarkan penelitian ada 4 pola gelombang otak manusia yang menunjukkan aktivitas otak yang berbeda yaitu Beta, Alpha, Theta, dan Delta:

Beta adalah gelombang otak yang frekuensinya paling tinggi, kira-kira antara 14-20 Hz. Ini terjadi pada saat anda berada dalam keadaan terjaga atau berada dalam kondisi kesadaran normal untuk merespon, menyadari atau berinteraksi dengan lingkugan sekitar anda. Anda berada dalam gelombang Beta ini ketika sedang menjalani aktivitas keseharian, seperti berdiskusi, menganalisis, berpikir tentang banyak hal, mengendari mobil, membuat keputusan dan berbagai aktivitas yang terkait dengan kehidupan normal sehari-hari.

Selanjutnya adalah gelombang Alpha yang frekwensinya lebih lambat dari gelombang Beta, yaitu kira-kira 8-13 Hz. Ini terjadi pada saat anda dalam keadaan santai, rileks, nyaman, bebas dari beban, kecemasan, dan ketakutan. Kondisi ini dapat dikatakan sebagai pintu gerbang untuk memasuki dan membangkitkan kekuatan pikiran bawah sadar anda sepenuhnya. Disinilah tempat dimana anda dapat mulai menaburkan benih-benih impian, keinginan, atau mengambarkan, membentuk diri anda sesuai yang anda inginkan.

Berikutnya gelombang Theta dengan frekwensinya kira-kira 4-7 Hz. Ini terjadi pada saat anda dalam keadaan bermimpi atau berada dalam suasana meditasi dalam. Dalam kondisi itu, anda akan merasakan suatu kedamaian, ketenangan, kebahagiaan dan terhubung dengan potensi-potensi terbesar anda. Potensi, kreativitas, emosi-emosi anda yang tidak dimanfaatkan atau ditekan, tertimbun dalam alam pikiran bawah sadar. Berada pada gelombang ini, anda dapat membangkitkan, memanfatakan kembali potensi atau kreativitas anda yang tersembunyi termasuk membenahi permasalahan fisik-psikologis anda.

Terakhir adalah gelombang Delta dengan frekwensi 0,5-3 Hz. Ini terjadi saat anda tertidur lelap atau berada dalam ketidaksadaran. Berada dalam kondisi Delta ini juga menjadi bagian penting sebagai ruang dimana kita dapat mengistirahatkan tubuh dan pikiran sepenuhnya sehingga anda memiliki kekuatan untuk kembali melanjutkan kehidupan.

Dari uraian tersebut kiranya jelas bahwa untuk dapat menembus atau memasuki pikiran bawah sadar, anda harus berada pada gelombang Alpha dan Delta. Pertanyaannya adalah bagaimana agar bisa sampai pada gelombang Alpha, Theta dan Delta. Jawabannya adalah dengan relaksasi, Visualiasi, dan sugesti.


 

Relaksasi.

Pada prisipnya berbagai cara dapat anda lakukan untuk mencapai kondisi rileks dan meditasi dalam. Ini terkait pula dengan persoalan bahwa seseorang mungkin akan lebih cepat atau mudah mencapai kondisi rileks dengan teknik tertentu, sementara yang lain justru merasa tergganggu. Namun, secara umum ada beberapa prosedur dan teknik relaksasi yang akan dikemukakan disini dan anda dapat mencobanya. Apapun prosedur dan teknik relaksasi yang anda pelajari yang paling utama adalah anda memiliki kemauan keras untuk terus berlatih sehingga anda akan terampil dan mudah berada dalam kondisi rileks, kapanpun, dimanapun dan dalam kondisi apapun. Dengan begitu, anda dapat dengan mudah dan cepat membangun dan menanam benih-benih impian atau ide-ide yang positif, baik dalam pikiran sadar maupun dalam pikiran bawah sadar. Ketika anda sudah terbiasa berpikir dengan benar, meyakini sesuatu yang benar, dan secara sadar menempatkan diri pada kondisi yang tenang, bahagia dan damai, maka keinginan dan impian-impian anda dapat meluncur bebas, masuk, dan tertanam dalam pikiran bawah sadar anda. Lebih dari itu, anda juga dapat membangkitkan kekuatan-kekuatan kreatif yang tersebunyi di kedalaman diri anda. Baiklah, saya akan mulai menguraikan beberapa teknik relaksasi.

Pertama, kuasai tubuh anda. Keterikatan antara pikiran dan tubuh kita telah berlangsung sangat lama, setidaknya sejak kita sudah dapat memahami konsepsi mengenai tubuh dan gangguan atau ketidakseimbangan yang terjadi pada tubuh kita. Mudah dimengerti, bila ada sesuatu yang salah pada tubuh, pikiran kita pun akan ikut terganggu: tidak nyaman, gelisah, cemas, takut, dan sebagainya. Dalam relaksasi yang diperlukan adalah kebersatuan pikiran dan tubuh, sampai anda merasa bahwa anda bukan sesuatupun kecuali pikiran. Oleh karena itu, pertama-tama yang harus anda lakukan adalah menguasai tubuh anda, dengan mengalirkan enegi pikiran keseluruh bagian tubuh anda. Lepaskan ketegangan, rasakan kenyaman menyelimuti seluruh bagian tubuh anda.

Kedua, menutup mata. Mata anda sangat sensitif terhadap stimulus atau suatu rangsangan yang selanjutnya dapat dengan mudah menjalar, terkirim ke otak dan membuat pikiran anda tertuju serta memproses ransangan tersebut. Hal ini tentu akan menganggu konsentasi anda. Saat pikiran anda terpecah atau dipenuhi beragam obyek, hal itu bukan saja akan membuat anda terpaku pada gelombang Beta (pikiran sadar) tapi juga akan semakin sulit untuk mendekati gelombang Alpha-Theta (pikiran bawah sadar). Oleh karena itu, tutuplah mata anda untuk menghindari stimulus yang menganggu konsentasi anda.

Ketiga, pernapasan. Tarik napas anda dalam-dalam dengan pelan, pusatkan atau kumpulan di bagian dalam dada, tahan sejenak dan hembuskan pelan-pelan. Setiap anda menarik napas, rasakan seolah-olah anda sedang menikmati segala hal yang baik dari semesta ini. Rasakan, nikmati, dan sadari betul napas anda.

Keempat, dengarkan musik yang menentramkan. Musik tidak diragukan lagi, dapat membawa peraasaan dan pikiran anda pada kondisi yang nyaman, tentam dan damai. Ketika suluruh tubuh anda sudah merasa nyaman, dan selanjutnya yang ada rasakan hanyalah pikiran dalam dunia tanpa warna, satu ruang, satu tempat (gelap) dan iringan musik yang menentramkan, maka itu adalah kondisi yang sangat baik untuk dapat menembus pikiran bawah sadar.

Kelima, bayangkan sesuatu yang membuat anda nyaman. Selanjutnya, dari ruang gelap, pikiran yang tenang dan iringan musik yang menentramkan, mulailah membayangkan sesuatu yang membuat anda benar-benar merasa damai, tenang dan bahagia. Misalnya anda dapat pergi kesuatu tempat yang anda senangi, seperti pantai, air terjun, padang ilalang atau di puncak bukit. Bayangkan anda benar-benar berada di tempat itu, melihat dan merasakan apa yang anda senangi.

Keenam, menanamkan benih impian. Ketika anda benar-benar sudah merasa rileks, nyaman, ringan, bebas dari segala beban, maka taburkan benih impian atau keinginan anda. Disini anda sudah mulai memasuki gelombang Alpha dimana impian atau keinginan semestinya ditanamkan.

 

Visualisasi

Visualiasi dapat diibaratkan seorang tukang photo yang memotret suatu obyek (impian, keingian) dan menghasilkan gambar dalam bentuk negatif film (gambaran visual dari impian dan keiginan) yang selanjutnya diproses menjadi sebuah photo (realitas, kenyataan). Bila tukang photo tersebut tidak memotret, tentu tidak ada photo yang dihasilkan. Atau bila memotret obyek yang tidak jelas akan sulit pula dideskripsikan. Demikian halnya dengan cara kerja pikiran bawah sadar, memerlukan visualiasi, gambaran, atau potret yang jelas dan pasti mengenai realitas yang diinginkan. Oleh karena itu, ketika anda benar-benar sudah merasa rileks, nyaman, ringan, bebas dari segala beban, maka taburkan benih impian, atau keinginan anda. Pertama-tama, definisikan atau perjelas impian atau keinginan anda. Impian anda harus benar-benar spesifik. Selanjutnya, tentukan target waktu yang pasti kapan impian anda itu tercapai. Dan bayangkan seolah-olah anda sudah mendapatkannya.

 

Sugesti

Sugesti secara sederhana dan teknis adalah pernyataan-pernyataan positif yang diarahkan atau ditanamkan dalam diri anda dengan suatu penegasan bahwa anda mampu, bisa, sanggup, kuat, dan sebagainya. Sugesti ini harus dilakukan dengan kepercayaan, keyakinan, kekuatan emosi, dan berulang-ulang agar benar-benar tertanam dalam pikiran bawah sadar anda. Bila anda selalu mengatakan bahwa matematika itu sulit, anda tidak akan pernah mendapatkan kemudahan di dalamnya. Fakta paling sederhana selalu saja menujukkan: seseorang akan menghindari hal-hal yang tidak menyenangkan atau memberi pesan negatif dalam pikirannya. Dan tentu saja dengan menghindar tak ada yang dapat dipelajari

By Admin| 29 November 2013| Kesehatan | Dilihat = 2186 kali|