Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

images

Yogyakarta - Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada hari Senin (1/10) di selenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia, tak terkecuali RS Jiwa Grhasia yang turut melaksanakan upacara di lapangan upacara RS Jiwa Grhasia. Upacara Dipimpin langsung oleh Direktur RS Jiwa Grhasia, dr Etty Kumolowati, M.Kes. pada pukul 07.45 hingga selesai. Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diikuti oleh karyawan RS Jiwa Grhasia berlangsung dengan khidmat.


               dr Etty Kumolowati selaku pembina upacara menyampaikan amanat dari Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam pidatonya. Amanat yang disampaikan adalah untuk mengingat jasa-jasa Pahlawan yang gugur dalam upaya pemberontakan PKI, dalam upanya mengubah Pancasila sebagai dasar negara menjadi ideologi komunis. Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini mengangkat tema "Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa" dengan harapan agar masyarakat khususnya karyawan RS Jiwa Grhasia dapat meresapi nilai-nilai luhur yang telah dirumuskan oleh para pendiri bangsa untuk dapat merekat erat sebagai kepribadian bangsa. Hal ini sangat penting karena kondisi sosiokultur yang begitu heterogen dibutuhkan sebuah ideologi yang netral namun dapat mengayomi berbagai keragaman yang ada di Indonesia.


                     Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang rutin diadakan setiap tahun diharapkan menjadi pengingat bagi kita, sebagai bangsa Indonesia memiliki nilai-nilai luhur yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai modern. Kita juga wajib untuk meningkatkan kewaspadaan nasional dan ketahanan mental ideologi Pancasila. Seperti halnya kewaspadaan tantangan globalisasi, liberalisasi, dan postmodernisme. Nilai-nilai Pancasila bisa menjadi filter apabila diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk  mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

By Admin| 06 Oktober 2018| BERITA | Dilihat = 27 kali|