DAY CARE INSTALASI REHABILITASI MENTAL RSJ GRHASIA DIY

images

DAK2014Rumah  Sakit Jiwa Grhasia DIY merupakan rumah sakit jiwa kelas A yang menjadi instansi pelayanan kesehatan jiwa dan rujukan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. RSJ Grhasia DIY mempunyai tugas dan fungsi memberikan pelayanan kesehatan jiwa dan napza paripurna, yaitu meliputi kegiatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.

Prevalensi gangguan mental di DIY tergolong tinggi terutama untuk gangguan mental berat. Data Riskerdas tahun 2013 mencatat prevalensi gangguan mental DIY sebesar 2,7 per 1000 penduduk. Angka yang lebih tinggi dari prevalensi gangguan mental nasional sebesar 1,7 per 1000 penduduk. Bahkan data profil kesehatan DIY tahun 2012 menunjukkan bahwa gangguan mental termasuk dalam sepuluh besar kasus penyakit yang didiagnosis pada pasien rawat jalan Puskesmas.

Indikator kesehatan jiwa yang dinilai pada Riskerdas 2013 antara lain gangguan jiwa berat, gangguan mental emosional serta cakupan pengobatannya. Gangguan jiwa berat adalah gangguan jiwa yang ditandai oleh terganggunya kemampuan menilai realitas yang buruk. Gejala yang menyertai gangguan ini antara lain berupa halusinasi, ilusi, waham, gangguan proses pikir, kemampuan pikir, serta tingkah laku aneh, misal agresivitas atau katatonik.

Penderita gangguan jiwa berat biasanya akan mengalami masalah pada tiga area kehidupan yaitu ADL, area leisure, dan area productivity. Untuk mengatasi hal tersebut maka RSJ Grhasia DIY membekali pasien yang dirawat dengan okupasi terapi yang dilaksanakan di Instalasi Rehabilitasi Mental RSJ Grhasia DIY. Activity Daily Living (ADL), Leisure dan Produktivitas yang baik akan membuat penderita gangguan jiwa lebih stabil dan mengurangi resiko kambuhan.

Pelayanan Rehabilitasi Mental diberikan kepada penderita gangguan jiwa yang masih dirawat inap dan juga kepada penderita gangguan jiwa yang sudah berada di rumah (masyarakat) melalui program layanan DAY CARE. Day Care merupakan proses kegiatan rehabilitasi mental yang diberikan kepada pasien jiwa rawat jalan dimana jadwal kegiatan mengikuti dengan jadwal kegiatan yang sudah ada. Program layanan Day Care Instalasi Rehabilitasi Mental RSJ Grhasia DIY meliputi Okupasi Terapi, Latihan Kerja, dan Terapi Sosial. Penderita gangguan jiwa datang RSJ Grhasia DIY sesuai dengan program terapi yang telah dibuat tetapi tidak perlu rawat inap. Kegiatan layanan Day Care juga melayani penderita gangguan jiwa yang memiliki kartu BPJS sehingga diharapkan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

,
By Admin| 08 Juni 2015| Kesehatan | Dilihat = 7251 kali|