TIPS MERAWAT PROYEKTOR LCD di KANTOR

images

projectorSaat ini LCD menjadi bagian peralatan kantor yang sangat penting dan harus ada, dengan demikian kita harus memelihara LCD yang kita punya agar tidak mengganggu kerjaan kita di kantor. Berikut TipsMerawat LCD Proyektor, sehingga awet digunakan dalam jangka waktu yg lama :

  1. Sebelum kabel power LCD disambungkan ke saklar listrik, pastikan kabel power sudah tersambung terlebih dahulu ke LCD, dan juga kabel VGA/RGB yang ke LCD sudah disambung.
  2. Gunakan REMOTE proyektor akan lebih baik dan matikanlah sesuai prosedur. pada Proyektor Hitachi untuk off harus menekan tombol power 2x, tetapi dengan adanya fasilitas Quick ON/OFF gambar proyektor akan muncul dalam 4 detik setelah dinyalakan dan kabel power boleh langsung dilepas begitu proyektor dimatikan.Jangan pernah mematikan LCD dengan mencabut kabel power dari saklar listrik. Gunakan selalu remote-control untuk mematikan perangkat ini.
  3. Saat LCD beroperasi atau menyala, usahakan jangan dipindahkan atau diangkat atau digeser,sebab bola-lampu LCD sangat sensitif dengan getaran dan bisa mengakibatkan lampuLCDApabila tiba-tiba arus listrik terputus, mungkin karena listrik padam atau penyebab lainnya, cabutlah kabel power LCD dari saklar listrik. Masukkan kembali apabila arus listriksudah
  4. Apabila anda sudah mematikan LCD, tunggu sampai lampu indicator menjadi warna hijau.Artinya kipas pendingin dalam LCD sudah mati. Barulah anda cabut kabel power dari saklar listrik.
  5. Berikan waktu istirahat untuk pendinginan lampu Proyektor, maksudnya jangan sampai digunakan / dihidupkan secara terus menerus dalam waktu yang lama. Misalnya anda dapatmatikan Proyektor saat meeting sedang istirahat. Hitachi memiliki menu blank buttonyaituberfungsi untuk menghilangkan tampilan tanpa harus mematikan proyektor.
  6. Simpan Proyektor pada TAS bawaaannya bila proyektor tersebut tidak diletakkan permanen,sehingga terlindungi dari goncangan. Pastikan listrik yang anda gunakan juga stabil, gunakan UPS atau perangkatpenyimpan listrik.
  7. Bersihkan filter proyektor secara berkala, misal diruangan tersebut agak terbuka dan mudahsekali berdebu maka sebaiknya bersihkanlah filter 2-3 minggu sekali, sehingga sirkulasiudaradalam proyektor terjaga, tetap dingin dan tentu saja membuat awet perangkatdalamHitachi proyektor sudah menggunakan teknologi hybrid filter, sehinggamemudahkandanmengurangi biaya perawatan.
  8. Pastikan bahwa kipas buangan udara tidak terhalang oleh dinding atau obyek lainnya, agar dapat ‘membuang’ udara panas dengan baik. Berikanlah jarak kurang lebih satu meter dari obyektersebut,untukbisa menghindari overheating yang bisa berdampak pada kerusakan serius seperti lampu mati sendiri secara tiba – tiba.
  9. Jangan meletakkan atau mengoperasikan proyektor dekat dengan sumber panas dan terkenasinar matahari secara langsung, Karena panas dari sinar matahari akan menambah suhu panas pada proyektor bertambah, dan bisa merusak komponen LCD proyektor. Selainitu,sepertihalnyabarangelektroniklain,janganmeninggalkan proyektor di dalam mobil ketika suhu udara panas untuk menghindari kemungkinan terjadinya kerusakan.

Demikian tips perawatan LCD Proyektor di kantor agar lebih awet, semoga tips ini dapat bermanfaat.

,
By Admin| 22 April 2015| Umum | Dilihat = 7820 kali|