RS JIWA GRHASIA MEMPERINGATI HARI KESEHATAN JIWA DAN HARI ULANG TAHUN KE 76

images

edit2Baru – baru ini RSJ Grhasia DIY memperingati Hari Kesehatan Jiwa 10 Oktober dan Hari Ulang Tahun RSJ Grhasia DIY ke 76, 30 Oktober yang kebetulan berlangsung pada Bulan yang sama, bulan Oktober dengan berbagai kegiatan.
Menurut Direktur RSJ Grhasia DIY drg. Pembayun Setyaningastutie, M.Kes, Tema peringatan ini adalah "Living With Schizophrenia, Mendampingi Dengan Hati Untuk Menjadi Lebih Bermakna." Tema tersebut merupakan seruan untuk menggugah kesadaran masalah gangguan jiwa khususnya bagi penderita schizophrenia.
Acara peringatan ulang tahun ini untuk pertamakalinya diselenggarakan dengan melibatkan para tamu undangan eksternal baik di sekitar wilayah pakem maupun instansi pemda DIY sekaligus sebagai rasa syukur dan ucapan terimakasih kepada berbagai pihak serta mempererat hubungan dan kerjasama sebagai institusi yang menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat.
Dalam rangka menyambut dua peringatan tersebut, Rumah Sakit Jiwa Grhasia DIY menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang terdiri dari :
1. Lomba Kebersihan Ruangan yaitu katagori perawatan (8 ruang) katagori pelayanan (11 ruang) dan katagori perkantoran (12 ruang), 18 Oktober 2014.
2. Lomba Rehabilitan (Pasien RSJ Grhasia ) berupa yaitu lomba rehabilitan idol, dan cerdas cermat di Pendopo RSJ Grhasia, 23 Oktober 2014
3. Pemberian bantuan air bersih pada daerah yang mengalami kekeringan di Gunung Kidul bekerja sama dengan Bina Rohani Islam RSJ Grhasia yaitu Dusun Ngrepoh, Tanjungsari (30 tangki), Dusun Jarak, Tanjungsari (20 tangki) dan Dusun Suruh, Gedangsari (10 tangki), 23 Oktober 2014
4. Acara Jalan sehat, Penandatanganan komitmen bersama untuk keselamatan semua, kebersihan tangan menjadi budaya pelayanan kita, lomba cuci tangan dengan gerak dan lagu, serta bakti sosial donor darah bekerjasama dengan PMI cabang sleman diikuti oleh 26 pendonor, di Halaman Instalasi Rehabilitasi Medik RSJ Grhasia, Jumat 24 Oktober 2014
5. Puncak acara hari kesehatan jiwa 10 Oktober dan hari ulang tahun RSJ Grhasia DIY ke 76 di Aula Gedung Diklat RSJ Grhasia untuk penyerahan hadiah lomba, Kamis 30 Oktober 2014.


Dalam puncak acara dihadiri unsur pemilik rumah sakit dalam hal ini diwakili Bp Supriyanta, SE kepala bagian kesejahteraan rakyat, Biro pemerintahan dan kesejahteraan rakyat Pemda DIY, serta para tamu undangan dari Satuan Kerja Pemerintah Daerah DIY, dari institusi pendidikan, pemerintahan dan swasta di sekitar wilayah Pakem, perwakilan masyarakat, dan mantan Direktur RJ Grhasia.
Dalam acara tsb sekaligus dilaksanakan pembacaan Deklarasi Keselamatan Pasien oleh Direktur RSJ Grhasia drg Pembayun Setyaningastutie, M.Kes dalam rangka memenuhi persyaratan standar program peningkatan mutu dan keselamatan pasien dalam Akreditasi RS Versi 2012, dilanjutkan Penandatanganan Deklarasi tsb dan Penandatanganan Maklumat Pelayanan Publik sebagai implementasi pelaksanaan UU Pelayanan Publik No 25 Tahun 2009 yang mewajibkan institusi penyelenggara pelayanan untuk mempublikasikan Maklumat Pelayanannya.
Dalam acara tersebut sekaligus dilakukan penyerahan piala dan hadiah lomba kebersihan ruangan, lomba cuci tangan dan penghargaan partisipasi lomba eksternal tingkat Pemda DIY yaitu :
1. Juara 1 (Badminton Beregu Putri) diselenggarakan BKD / Badan Kepegawaian Daerah DIY
2. Juara 2 (Futsal Putri) diselenggarakan BKD DIY
3. Juara 2 (Tenis Meja Beregu Putri) diselenggarakan BKD DIY
4. Juara Harapan II Pameran Pembangunan diselenggarakan oleh BKPM / Badan Kerjasama dan Penanaman Modal DIY
5. Juara Harapan I Lomba Cipta Menu Kudapan kategori tepung pisang diselenggarakan Badan Ketahanan Pangan dan Pertanian DIY
Puncak acara dimeriahkan dengan penampilan pentas seni rehabilitan, paduan suara karyawan RS, penampilan gerak dan lagu juara 1 lomba cuci tangan dan pentas Drama Karyawan berjudul Mahabharata.

 

Tuti Handayu, S.KM

,
By Admin| 11 Desember 2014| Umum | Dilihat = 941 kali|