Glasgow Coma Scale

images

GlasgowGlasgow Coma Scale dipakai untuk menilai kondisi kesadaran secara kuantitatif melalui gerakan membuka mata, respon bicara, respon gerakan tangan dan kaki.
Dibawah ini adalah tabel untuk memudahkan mengingat GCS

glasgow1

Fase koma biasanya melalui thapan yaitu early diencephalic ? late diencephalic ? midbrain ? pons atau medulla oblongata ? kematian.

,

glasgow2

 

Keterangan tahapan tersebut adalah:
1. Pada tahap awal diencephalic, pupil mengecil (diameter ± 2 mm) tetapi masih reaktif terhadap refleks cahaya, refleks gerakan mata ke kanan dan ke kiri baik, dapat menunjuk bagian mana yang nyeri/menggerakan ekstremitas mana yang nyeri sebagai respon rangsangan nyeri, sikap tubuh sering asimetris.
2. Pada tahap akhir diencephalic ditemukan respon yang hampir sama, kecuali posisi ekstremitas tangan dan kaki dekortikasi/fleksi terhadap rangsangan nyeri tetapi mungkin juga dapat menjadi asimetris.
3. Pada tahap midbrain ditemukan diameter pupil ± 5 mm dan menetap bila ada rangsangan cahaya, refleks adduksi mata terganggu, posisi ekstremitas tangan dan kaki deserebrasi /ekstensi terhadap respon rangsangan nyeri.
4. Pada tahap pons/medula oblongata ditemukan diameter pupil ± 5 mm dan menetap bila ada rangsangan cahaya, tidak ada refleks adduksi mata, tidak ada respon ekstremitas walaupun dengan rangsangan yang sangat nyeri.
Sumber dari buku Clinical Neurology 7th edition, Roger P Simon.

 

By Admin| 27 Agustus 2014| Kesehatan | Dilihat = 29 kali|