Lomba Performance Keperawatan Bidang Keperawatan RSJ Grhasia DIY Tahun 2014

images

 DSC0140aKinerja atau prestasi kerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Faktor yang mempengaruhi pencapaian kinerja, yaitu faktor kemampuan (ability) dan faktor motivasi (motivation). Faktor kemampuan secara psykologis, kemampuan (ability) pegawai terdiri dari kemampuan potensi dan kemampuan reality. Artinya pegawai yang memiliki potensi di atas rata-rata dengan pendidikan yang memadai untuk jabatannya dan terampil dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari, maka ia akan lebih mudah mencapai kinerja yang diharapkan. Faktor Motivasi terbentuk dari sikap (attitude) seorang pegawai dalam menghadapi situasi kerja. Motivasi merupakan kondisi yang menggerakkan diri pegawai yang terarah untuk mencapai tujuan organisasi.

Kinerja menjadi tolak ukur keberhasilan pelayanan kesehatan yang menunjukkan akuntabilitas lembaga pelayanan dalam kerangka tata pemerintahan yang baik (good governance). Dalam pelayanan kesehatan, berbagai jenjang pelayanan dan asuhan pasien (patient care) merupakan bisnis utama, serta pelayanan keperawatan merupakan mainstream sepanjang continum asuhan. Upaya untuk memperbaiki mutu dan kinerja pelayanan klinis pada umumnya dimulai oleh perawat melalui berbagai bentuk kegiatan, seperti: gugus kendali mutu, penerapan standar keperawatan, pendekatan-pendekatan pemecahan masalah, maupun audit keperawatan.

,

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pencapaian kinerja antara lain faktor kemampuan (ability) dan faktor motivasi (motivation). Secara psikologis faktor kemampuan terdiri dari kemampuan pontensial (IQ) dan kemampuan reality (knowledge + skill). Artinya seseorang yang memiliki IQ di atas rata-rata (110-120) apalagi superior dengan pendidikan yang memadai untuk jabatannya dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari, akan lebih mudah mencapai kinerja maksimal. Faktor motivasi, motivasi merupakan suatu sikap seseorang terhadap situasi kerja dilingkungan organisasinya. Mereka yang bersikap positif terhadap situasi kerjanya akan menunjukkan motivasi kerja tinggi dan sebaliknya jika mereka bersikap negatif terhadap situasi kerjanya akan menunjuk motivasi kerja yang rendah.

Motivasi sendiri dapat menjadi lebih kuat bilamana didukung dari berbagai sumber motivasi misal kesejahteraan, rasa aman serta penghargaan baik fisik maupun psikis. Secara empiric terbukti penghargaan akan menimbulkan sibling positif pada lingkungannnya, artinya apabila terdapat satu bagian corporate mendapatkan reward maka hal ini merupakan challenge bagi bagian lain untuk mendapatkan penghargaan yang sama pada kesempatan lain. Hal ini merupakan satu keuntungan bagi corporate, satu kunci peningkatan kinerja akan dapat terjadi bilamana diberikan satu penghargaan atas prestasi dari satu bagian tertentu, maka bagaian lain akan tertarik untuk berkinerja, begitu pula bagian yang mendapat reward akan tetap senantiasa mempertahankan prestasinya. Mengingat fenomena tersebut bidang keperawatan RSJ Grhasia bermaksud menyelenggarakan Lomba Performance Keperawatan. Yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2014.  

By Admin| 08 Juli 2014| Umum | Dilihat = 336 kali|